JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J, Jaksa Agung Kerahkan 10 Jaksa untuk Pelototi Adegan

Irjen Ferdy Sambo saat bersama para ajudannya termasuk almarhum Brigadir J (lingkaran merah), Bharada E (lingkaran kuning). Foto kolase/JSnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kejaksaan Agung berencana mengirimkan 10 jaksa untuk menghadiri proses rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Sepuluh jaksa itu dikerahkan guna memantau pelaksanaan rekonstruksi kasus pembunuhan keji yang diotaki jenderal Ferdy Sambo tersebut.

Rekonstruksi dijadwalkan digelar Selasa (30/8/2022). Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Fadil Zumhana mengatakan pihaknya akan mengutus 10 orang jaksa ke tempat kejadian perkara.

Mereka akan diterjunkan untuk mengawal masing-masing berkas perkara. Saat ini ada lima berkas perkara untuk lima tersangka dengan masing-masing berkas dikawal dua jaksa.

“Jadi rekonstruksi itu setiap berkas ada dua orang yang kita pegang, kurang lebih ada delapan orang, jadi 10 orang karena lima berkas perkara,” ujarnya di Kejaksaan Agung, Jakarta, seperti dikutip Tempo.co, Senin (29/8/2022).

Baca Juga :  Anggota Densus 88 Terciduk Saat Buntuti Jampidsus Febrie Adriansyah

Fadil menjelaskan bahwa jaksa akan mengarahkan proses rekonstruksi dalam peristiwa tindak pidana itu. Ketua tim jaksa penuntut umum juga dijadwalkan akan hadir pada proses yang dilakukan besok pagi.

Pengacara Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo mengatakan akan mendampingi kliennya dalam rekonstruksi.

“Iya insyaallah akan hadir,” kata Arman Anis saat dikonfirmasi terpisah pada hari ini.

Selain itu, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) juga bakal hadir mengawasi.

Baca Juga :  Megawati: Untuk Apa Ada Media Kalau Jurnalisme Investigasi Dilarang?

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo menuturkan, penyidik akan menggelar kegiatan itu pada pukul 10.00 WIB.

“Informasi dari penyidik jam 10,” katanya.

Saat ini Kejaksaan Agung telah menerima semua berkas perkara dari lima tersangka. Berkas milik Putri Candrawathi dikabarkan baru disampaikan oleh penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) tadi pagi.

Namun untuk berkas tersangka milik Inspektur Jenderal Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Brigadir Polisi Kepala Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf akan dikembalikan kembali.

Fadil Zumhana mengatakan anatomi kasus masih harus diperjelas oleh penyidik kepolisian.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com