JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Satgas Monkeypox IDI Sebut Ada Permintaan Vaksin dari Kelompok Gay

Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Infeksi cacar monyet atau Monkeypox yang muncul di tengah pandemi Covid-19 dilaporkan oleh beberapa negara tanpa riwayat endemi Monkeypox sebelumnya.

Kemunculan Monkeypox ini terjadi sejak awal Mei 2022, beberapa negara melaporkan kasus Monkeypox yang terjadi pada pasien tanpa riwayat bepergian ke daerah Afrika Barat atau Afrika Tengah, daerah terjadi endemik virus Monkeypox.

Meski sampai saat ini belum dilaporkan adanya kasus konfirmasi infeksi Monkeypox di Indonesia. Namun, pemerintah, tenaga kesehatan dan masyarakat harus tetap waspada.

Baca Juga :  Hasil Musyawarah Rakyat Terbaru, Airlangga Hartarto Kokoh Masuk 3 Besar Kandidat Capres. Dinilai Punya Kepemimpinan Sesuai Masyakarat Jawa

Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, Dr Hanny Nilasari, SpKK mengungkapkan ada dua permintaan khusus terkait vaksin cacar monyet dari kelompok gay. Menurut Hanny, sebagian besar kelompok gay merasa berisiko lantaran banyaknya laporan di dunia terkait penularan Monkeypox di kelompok tersebut.

“Sudah ada dua orang yang hubungi saya menanyakan vaksinasi sebelum mereka kemungkinan tertular, karena merasa sangat berisiko,” katanya di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Namun, sambung Hanny, hingga kini di Indonesia vaksin Monkeypox belum mendapatkan izin pemakaian oleh BPOM RI, meskipun sudah ada rekomendasi dari CDC dan WHO. Saat ini, Satgas IDI lebih berfokus memberikan edukasi cara penularan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca Juga :  Gerindra Janji Lanjutkan Program Jokowi Jika Prabowo Terpilih Jadi Presiden 2024

“Karena, kontak erat dari kulit ke kulit, atau mukosa ke mukosa, misalnya mulut, daerah anus, daerah mata, justru itu mentransfer virusnya secara banyak,” kata dia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com