JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Tak Hanya Torehkan Prestasi Bidang Olahraga, APG 2022 Juga Dongkrak Kelas UMKM Lokal Solo

Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Gelaran ASEAN Para Games 2022 yang dihelat 31 Juli-6 Agustus lalu tidak hanya menorehkan prestasi bidang olahraga saja. Namun juga mendongkrak kelas UMKM lokal, khususnya Solo.

Selain selebrasi bagi atlet penyandang disabilitas yang jadi bukti dalam lampaui batas, gelaran ASEAN Para Games ke-11 di Solo ini turut berkontribusi dalam mendongkrak UMKM lokal, termasuk di bidang kriya, kuliner, hingga industri kreatif.

Sejalan dengan fokus dari Pemerintah Kota Solo untuk terus mempromosikan UMKM di Solo, terdapat 32 UMKM yang dilibatkan dalam penyelenggaraan acara ini, mulai dari pemasok makanan ringan, pembuat cinderamata dan merchandise resmi.

Selain itu, kepanitiaan juga menggandeng total 1.200 talenta industri kreatif lokal untuk memeriahkan perhelatan upacara pembukaan dan penutupan yang dihadiri ribuan pengunjung.

Salah satu yang merasakan dampaknya adalah Fransiska Xaveria Nirmalawati melalui usahanya bernama Mamnich yang memproduksi produk-produk seperti gantungan kunci, pin, hingga boneka maskot Rajamala dan memasarkannya di area Stadion Manahan.

Fransiska salah satu pelaku UMKM sekaligus pemilik usaha Mamnich meraup omzet hingga 300 persen dari hasil menjual aneka souvenir ASEAN Para Games 2022 sedang melayani salah satu wisatawan lokal yang berkunjung stan pameran miliknya, Sabtu (6/8/2022) lalu.

“Saya sangat bersyukur dapat berjualan aneka souvenir di pesta olahraga bagi penyandang disabilitas berskala internasional ini. Selama hampir sepekan omzet pendapatan kami mengalami peningkatan hingga 300 persen. Kami pun tidak menyangka dengan animo wisatawan lokal maupun asing yang tertarik dengan produk kami. Bahkan kami mendapatkan pesanan dari kontingen atlet luar negeri seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia. Mulai dari gantungan kunci, totebag hingga boneka maskot Rajamala ludes terjual. Kami selalu restock. Karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara ASEAN Para Games 2022 dan juga Pemerintah Kota Solo yang telah memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk buatan lokal UMKM di kancah internasional,” ujar Fransiska.

Sementara itu, sebagai platform digital yang menjadi mitra resmi dalam mendukung perhelatan APG 2022 ini, Grab turut berkontribusi dalam membantu promosi UMKM lokal dengan menghadirkan kategori khusus “Paragames Disc. 20%” di halaman utama layanan GrabFood untuk pengguna aplikasi Grab di Surakarta.

Terdapat ratusan mitra UMKM yang tergabung dalam kategori ini dan seluruhnya merupakan UMKM lokal maupun legenda kuliner setempat (Local Legends).

“Selama berlangsungnya ajang APG 2022 usaha serabi kami ramai dengan orderan dari pembeli baik itu yang pesan melalui secara online maupun offline. Bahkan banyak wisatawan asing yang datang ke sini dan mencicipi serabi kami. Penjualan online melalui layanan GrabFood juga mengalami peningkatan hingga 30 persen jika dibandingkan hari biasa,” kata Markus Kristiono, pengurus Serabi Notosuman, Lidia. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com