JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

DPRD Wonogiri Pantau Permasalahan Bau Limbah PT AAA, Kendati Tak Ada Keluhan Masuk

Limbah
General Manager Industry Relation PT AAA Hendy Halim. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
DPRD Wonogiri pantau permasalahan bau limbah PT AAA, kendati tak ada keluhan masuk.

Ketua DPRD Wonogiri Sriyono mengatakan beberapa waktu yang lalu pihaknya mendapatkan informasi tentang adanya keluhan masyarakat terkait bau limbah dari PT AAA. Meski begitu, tidak ada aduan yang masuk ke DPRD Wonogiri dari masyarakat yang merasa terganggu bau limbah.

“Ke DPRD tidak ada aduan. Namun kita dapat info soal itu,” kata Ketua DPRD Wonogiri Sriyono di sela jumpa pers di DPRD Wonogiri Senin (19/9/2022).

Pihaknya kemudian melakukan langkah pro aktif. Dimana Sriyono meminta AS Joko Prayitno yang merupakan anggota DPRD dari Kecamatan Ngadirojo untuk melakukan pemantauan.

Baca Juga :  Melihat dari Dekat Pelaksanaan Berbagi Praktik Baik MKKS SMP Subrayon 04 Jatisrono Wonogiri

“Kalau ada aduan masuk dari warga ke DPRD, kami pasti tindaklanjuti,” kata Ketua DPRD Wonogiri Sriyono.

Dihubungi terpisah, AS Joko Prayitno juga mengaku merasakan bau limbah PT AAA. Bau limbah itu menurut dia bakal mengikuti arah angin.

“Sebelumnya kita agendakan pertemuan di Kantor Kecamatan Ngadirojo bersama pihak terkait, termasuk kepala desa yang terdampak,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Joko Lelur itu menuturkan, berdasarkan informasi dari PT. AAA, sedang dilakukan perbaikan terkait pengolahan limbah. Lalu beberapa waktu lalu sudah dilakukan paparan antara PT AAA bersama konsultan yang menangni Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di DLH Wonogiri. Saat itu, ditargetkan penanganan IPAL bakal selesai pada Desember.

Baca Juga :  Nggregetke Tenan!Mobil Caleg PAN Wonogiri Dwi Prasetyo Dicoret dan Dibaret Orang Misterius

“Janjinya PT. AAA Desember selesai. Saya kira pihak PT. AAA tidak mau ambil resiko kalau memang berkomitmen untuk pembenahan. Kita tunggu hasilnya seperti apa, yang terpenting adalah berpegang pada komitmen,” papar Joko Lelur.

Menurut dia, PT. AAA bisa beroperasi tanpa harus mencemari lingkungan. Dia pun ikut terus memantau perkembangan hal tersebut.

“Kemarin juga ada masyarakat yang menanyakan soal itu. Baunya kan sesuai dengan arah angin juga,” kata dia.

Terpisah, Staf Legal PT. AAA Wahid mengatakan perbaikan IPAL masih berlangsung saat ini. Ditarget, Desember bakal selesai pemasangan geomembran. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com