JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Ganti Oli Mesin Mobil Sebaiknya Berapa Bulan Sekali? Begini Penjelasan Ahlinya

Ilustrasi mengganti oli mobil. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Penggantian oli mobil sebaiknya dilakukan secara berkala menurut petunjuk yang dianjurkan. Umumnya pabrikan mobil menyarankan oli mesin diganti setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km.

Meskipun begitu, penggantian oli sebaiknya jangan terpaku pada interval 6 bulan sekali.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana, mengatakan penggantian oli mobil ini harus disesuaikan dengan pemakaian kendaraaan. Jika kondisi mobil sering digunakan dengan jarak tempuh yang jauh, sebaiknya penggantian oli dilakukan berdasarkan jarak tempuh 10.000 km, meskipun belum 6 bulan.

Baca Juga :  7 Manfaat Ampas Kopi, Sebagai Pelunak Daging Hingga Pupuk

“Seiring penambahan jarak tempuh dan waktu pemakaian, ada masanya kualitas oli berkurang. Tentunya ini akan berdampak buruk di masa mendatang bila diacuhkan dan tidak diganti sesuai masa pakainya,” kata Brahma dalam siaran pers yang diterima Tempo, Sabtu, 17 September 2022.

Baca Juga :  7 Manfaat Ampas Kopi, Sebagai Pelunak Daging Hingga Pupuk

Tidak hanya jarak tempuh dan waktu, ptokan mengganti oli juga harus memperhatikan kondisi jalan yang sering dilalui. Biasanya pemakaian mobil di area yang sering macet tentunya akan berbeda dengan mobil yang jarang terjebak macet.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com