JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Harga BBM Naik, Industri Perhotelan Kemungkinan Bakal Lakukan PHK Karyawan

Foto ilustrasi antrean sepeda motor di SPBU / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kenaikan harga BBM beberapa hari lalu, ternyata berdampak langsung terhadap industri perhotelan.

Pasalnya, industri perhotelan yang belum pulih benar dari dampak pandemi Covid-19, Sudah dihantam dengan kenaikan harga BBM yang cukup signifikan.

Bahkan, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, kenaikan harga BBM dan pangan, berpotensi membuat pengusaha sektor perhotelan dan restoran bersiap melakukan efisiensi alias PHK.

Baca Juga :  Penyusup di Tengah Massa BEM SI Ditangkap Saat Demo di Patung Kuda

“Karena market-nya masih belum stabil, serapannya masih kecil, jadi yang dilakukan untuk bertahan sudah pasti efisiensi, salah satunya efisiensi tenaga kerja,” ungkapnya, Minggu (4/9/2022).

Berbeda dengan restoran yang terdampak secara langsung, hotel akan terkena dampak tidak langsung dari harga BBM yang melonjak hingga lebih dari 30 persen tersebut.

Baca Juga :  Lengser dari Jabatan Ketum PPP, Suharso Monoarfa Bakal Ditawari Jabatan Ketua Majelis Pertimbangan Partai

Menurutnya, para pengusaha hotel berpotensi mengeluarkan ongkos operasional yang lebih besar dari sebelum harga BBM subsidi naik. Hal itu disebabkan karena biaya pengangkutan perlengkapan hotel dipastikan ikut naik.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com