JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Musik

Iwan Fals Ultah ke-61, Begini Asal Usul Nama Nama Tambahan Fals

Iwan Fals, di Cibubur, 18/09/2008. Foto: Tempo.co

JOGLOSEMARNEWS.COM — Musisi kenamaan Virgiawan Listanto atau yang lebih dikenal dengan sapaan Iwan Fals lahir pada 3 September 1961. Kemarin, sang legenda hidup musik Indonesia itu genap berusia 61 tahun.

Musisi yang identik dengan musik balada tersebut populer pada era 1980-an, ia terkenal dengan lagu-lagunya yang kritis terhadap masalah sosial di Indonesia.

Oleh majalah Rolling Stones Indonesia, Iwan Fals masuk ke dalam daftar The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.

Baca Juga :  Lirik 'Sholawat Jibril' - Nissa Sabyan, Lengkap dengan Video
Masa Kecil Iwan Fals

Iwan Fals merupakan buah hati dari pasangan Lies Suudijah dan Kolonel Anumerta Sucipto. Ibunya berasal dari Tasikmalaya, sedangkan ayahnya dari Purwokerto. Ayahnya merupakan petinggi pabrik Gula di Kalibagor, Banyumas Jawa Tengah.

Saat kecil, musisi tersebut akrab dengan panggilan “Tanto”. Kata ibunya, ketika berumur bulanan, Tanto selalu menangis setiap kali mendengar suara adzan magrib.

Masa kecilnya dihabiskan di Bandung, kemudian ikut saudaranya ke Jeddah, Arab Saudi selama 8 bulan. Sebab tinggal di negeri orang, Iwan kecil sering merasa bosan dan membutuhkan hiburan. Satu-satunya hiburan yang ia miliki kala itu adalah gitar yang dibawa dari Indonesia.

Baca Juga :  Lirik 'Sholawat Jibril' - Nissa Sabyan, Lengkap dengan Video

Semasa di Jeddah, lagu seperti “Sepasang bola mata” dan “Waiya” menjadi tembang yang sering dimainkan Iwan Fals. Siapa sangka, gitar yang menjadi satu-satunya hiburannya saat itu telah menuntunnya menjadi salah satu musisi terbesar sepanjang masa di tanah air.

Asal Usul Nama “Fals”

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com