JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Kembangkan UMKM di Desa Ngargorejo, Tim KKN 116 UNS Gelar Pelatihan Pembuatan Kerajinan Berbahan Eceng Gondok

Mahasiswa KKN kelompok 116 UNS tengah memberikan penjelasan dalam pelatihan pembuatan kerajinan berbahan eceng gondok di Desa Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali / Foto: Istimewa

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mahasiswa KKN Kelompok 116 UNS menggelar pelatihan pembuatan kerajinan dengan bahan dari tanaman eceng gondok di Desa Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali.

Kegiatan tersebut ditargetkan menjadi solusi atas dua persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di Desa Ngargorejo.

Pertama, adalah mengurangi jumlah tanaman eceng gondok yang sudah memenuhi sebagian besar volume waduk Cengklik.

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Gladi Pimpinan Regu dan Dewan Penggalang

Dan kedua, membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Ngargorejo melalui penjualan hasil kerajinan dari tanaman eceng gondok.

Pelatihan tersebut diselenggarakan melalui kolaborasi dengan kelompok 92 pada Sabtu (13/8/2022) di GOR Desa Ngargorejo, yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan perwakilan perangkat desa setempat.

Menurut pengakuan warga setempat, keberadaan eceng gondok di Waduk Cengklik sangat banyak, dan sudah cukup mengganggu. Sementara sampai sejauh ini, warga belum menemukan solusi yang tepat untuk mengurangi tanaman tersebut.

Baca Juga :  Ikuti Program Kampus Mengajar, Mahasiswa FKIP UNS Dorong Literasi dan Numerasi di SMP PGRI 2 Wates, Blitar
Mahasiswa KKN kelompok 116 UNS berfoto bersama dengan peserta pelatihan pembuatan kerajinan berbahan eceng gondok di Desa Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali / Foto: Istimewa

Di Desa Ngargorejo, eceng gondok dianggap sebagai gulma, karena tumbuh dengan cepat dan memenuhi seluruh permukaan air. Kondisi tersebut dapat mengurangi kualitas air, yang berdampak pada ikan-ikan yang ada di waduk.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com