JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Kirab Budaya di Desa Sidomulyo, Ampel, Boyolali. Ada Gunungan Besar dan Lima Gunungan Sedang Hasil Pertanian, Peternakan dan UMKM

Masyarakat Desa Sidomulyo, Ampel, Boyolali memanggul gunungan dalam rangkaian kirab budaya / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kirab budaya di Dukuh Beji, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Jumat (9/9/2022) mendapat sambutan meriah masyarakat desa setempat. Mereka rela berdesakan di pinggir jalan untuk melihat prosesi kirab.

Yang menarik, ada satu gunungan besar dan 5 gunungan sedang yang masing- masing dipikul empat orang. Gunungan besar berupa aneka hasil pertanian, peternakan dan UMKM, melambangkan satu kesatuan masyarakat Desa Sidomulyo yang beragam budaya, ras dan adat istiadat.

Sedangkan 5 gunungan sedang melambangkan dasar Negara Pancasila. Terdiri gunungan pertama berupa makanan pokok seperti padi, jagung, singkong dan ketela. Gunungan kedua berupa aneka hasil sayuran.

Baca Juga :  Miris, Anak Belasan Tahun di Boyolali Ini Kuras Perhiasan, HP dan Uang Milik Tetangganya

Kemudian gunungan ketiga berupa aneka hasil buah seperti jeruk, alpukat, durian, manga, papaya, nanas dan jambu air. Gunungan keempat berupa bungkusan susu sapi, kopi, jahe, jus buah dan dawet. Gunungan terakhir berupa hasil UMKM. Antara lain, cucur, roti gimbal, peyek kacang, kripik tempe, kripik singkong.

Menurut Kades Sidomulyo, Sawali, kegiatan kirab budaya merupakan event tahunan. Tujuannya antara lain, untuk melestarikan tradisi budaya di masyarakat. Sekaligus sebagai kegiatan promosi dan mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

“Ini juga untuk mengangkat potensi budaya dan UMKM Desa Sidomulyo. Beragam UMKM menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Usai  Lebaran, Harga Bumbu Dapur di Pasar Boyolali Masih Tinggi, Namun Harga Sayur Turun

Selain kirab, juga digelar pentas seni karawitan, seni reog dan pentas wayang kulit. Bahkan, panitia juga menyediakan aneka stand makanan olahan berbahan dasar singkong. Hal ini bertujuan agar masyarakat tak melulu bertumpu pada makanan pokok beras.

Singkong ternyata bisa diolah menjadi aneka makanan yang enak dan menarik. Apalagi Desa Sidomulyo juga penghasil singkong potensial.

”Potensi yang ada di masyarakat kita tonjolkan agar semakin dikenal masyarakat di wilayah Kecamatan Ampel dan Boyolali umumnya.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com