JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Kirab Tumpeng Bakal Digelar di Tlatar, Desa Kebonbimo, Boyolali. Terkait Legenda Ki Ageng Wonotoro

Liyan Astomoro, Sekdes Kebonbimo, Boyolali Kota / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga seputar Umbul Tlatar, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali Kota bakal menggelar ritual unik, Sabtu (17/9/2022).

Ritual itu  juga melibatkan warga Desa Pager, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang.

Menurut Sekdes Kebonbimo, Liyan Astomoro, keterlibatan warga Desa Pager karena air Umbul Tlatar itu selain dimanfaatkan warga Desa Kebonbimo juga warga Desa Pager yang letaknya bersebelahan.

“Tradisi diawali dengan kegiatan bersih- bersih saluran air hingga Umbul Tlatar. Setelah itu dilakukan kirab tumpeng terdiri dari dua tumpeng besar dan 23 tumpeng kecil. Tumpeng besar terdiri tumpeng dan tumpeng hasil bumi,” katanya, Rabu (14/9/2022).
Untuk tumpeng kecil berasal dari 23 Rt se Desa Kebonbimo. Tumpeng juga akan dinilai dan dipilih yang terbaik. Namun, nilai tumpeng tak boleh melebihi Rp 250.000 dan desa memberi stimulan Rp 100.000.

Baca Juga :  Dianggap Selamatkan Puluhan Situs Cagar Budaya, BHS Apresiasi Penetapan Timboa sebagai Jalur Pendakian Ilegal ke Puncak Merbabu

Diungkapkan, keberadaan Umbul Tlatar tak bisa dilepaskan dari Legenda Ki Ageng Wonotoro yang memimpin Desa Sambi. Kondisi desa kekurangan air yang membuat Ki Ageng prihatin.

Ki Ageng Wonotoro lalu bersemedi mohon petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga :  Satu Rumah Lagi di Dukuh Klinggen, Boyolali belum Terima Ganti Rugi Proyek Tol Solo-Yogya. Tak hanya Rumah Gunawan dan Sri Surantini

Dari petunjuk yang ada,  Ki Ageng Wonotoro supaya pergi ke Pantaran menemui Ki Ageng Pantaran. Singkat cerita Ki Ageng Wonotoro memerintahkan seorang cantriknya untuk menemui Ki Ageng Pantaran untuk meminta sumber air.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com