JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

KKN 69 UNS Ajak Warga Tawangsari Jadikan DAS Bengawan Solo sebagai Lahan Produktif

Mahasiswa KKN kelompok 69 UNS bersama warga tengah melakukan penanaman pohon produktif di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo / Foto: Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 69 UNS Surakarta mengajak warga di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo untuk menjadikan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo yang gersang, menjadi lahan produktif.

Hal itu ditempuk melalui program penanaman pohon buah produksi di area bantaran sungan Bengawan Solo yang membelah Desa Pojok dan Desa Tangkisan Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo.

Ketua Mahasiswa KKN Kelompok 69 UNS, Gani Soedrajat menjelaskan, program pemberdayaan lingkungan tersebut dilakukan setelah mereka dan tim melakukan observasi lapangan.

Baca Juga :  Mantapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah, JSIT Jawa Tengah Gelar Workshop IKM Khas SIT

“Prinsipnya, selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, program ini juga untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” ujar Gani kepada Joglosemarnews.

Sebagaimana diungkapkan Gani, program tersebut dilakukan selain untuk melestarikan lingkungan, juga untuk membantu kondisi ekonomi masyarakat dengan buah berkualitas tinggi yang dihasilkan melalui program penanaman pohon produksi.

Program tersebut hadir, menurut Gani, karena dipicu oleh keprihatinanan masyarakat melihat area bantaran sungai yang tak terawat dan cukup gersang di musim kemarau.

Baca Juga :  HMPSA Fakultas Ekonomi Unisri Gelar Diskusi Akuntansi Pasca Pandemi

Dikatakan Gani, daerah aliran sungai yang sangat luas itu seharusnya dapat dikelola masyarakat sebagai tambahan penghasilan.

“Tentunya dengan memperhatikan wawasan lingkungan dan tidak merusak Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada,” ujarnya.

Pemilihan pohon buah sebagai tonggak utama program tersebut diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat dengan buah yang dihasilkan, selain penghijauan daerah aliran sungai sebagai fokus utamanya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com