JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mafia Hukum Masih Marak, Mahfud Md: Kami Sedang Cari Formula Reformasi Hukum Peradilan

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memberikan keterangan kepada wartawan setelah menyerahkan LHKPN di gedung KPK, Jakarta, Senin ( 2/12/ 2019 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah sebenarnya telah berupaya memberantas mafia hukum di lingkungan hukum. Namun, upaya tersebut kerap kali gembos di pengadilan.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD. Kondisi itulah, menurut Mahfud, yang membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat prihatin, termasuk dengan kasus OTT KPK yang melibatkan Hakim Mahkamah Agung, Sudrajat Dimyati.

“Pemerintah sudah bertindak tegas, termasuk mengamputasi bagian tubuhnya sendiri. Seperti menindak pelaku kasus korupsi Asuransi Jiwasraya, Asabri, Garuda, Satelit Kemhan, dan sebagainya,” kata Mahfud dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga :  Status Gunung Semeru Naik Jadi Awas, Masyarakat Diimbau Tak Beraktivitas di Radius 8 KM dari Puncak

Menurut Mahfud, Kejaksaan Agung sebenarnya sudah bekerja keras dan berhasil menunjukkan kerja yang positif. Ia juga menilai kinerja KPK sudah lumayan. Namun, kerja-kerja tersebut sering gembos di Mahkamah Agung.

“Ada koruptor yang dibebaskan, ada koruptor yang dikorting hukumannya dengan diskon besar. Kami tidak bisa masuk ke MA karena beda kamar, kami eksekutif sedangkan mereka yudikatif,” kata dia.

Baca Juga :  Pakar Hukum Pers: KUHP Tidak Berlaku untuk  Kegiatan Kemerdekaan Pers

Mahfud menjelaskan, MA selalu berdalih jika hakim itu merdeka dan tidak boleh diintervensi. Namun, tiba-tiba muncul kasus Hakim Agung Sudrajat Dimyati dengan modus perampasan aset koperasi melalui pemailitan.

Ia menyebut sudah sering memberi peringatan kepada Mahkamah Agung di berbagai kesempatan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com