JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mengenal Susu UHT, Mengapa Paling Disarankan?

Ilustrasi susu. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Susu merupakan minuman yang mengandung gizi tinggi. Ada berbagai produk susu, mulai dari cair, bubuk ataupun UHT (ultra heat treatment).

Susu UHT sangat mudah ditemui di berbagai tempat, seperti di warung tradisional, minimarket hingga supermarket. Meski demikian masih banyak orang yang salah kaprah mengenai susu UHT.

Sebenarnya apa sih susu UHT itu?

Melansir um-surabaya.ac.id, UHT adalah teknik umum yang digunakan untuk pengolahan susu dengan mensterilkan susu dalam suhu lebih dari 135 derajat celsius dalam waktu singkat.

Mengutip e-journal.uajy.ac.id, dari berbagai susu olahan, susu UHT merupakan susu olahan yang paling disarankan. Hal ini karena susu UHT sangat memperatahankan nilai gizi lebih baik dibandingkan susu olahan lainnya.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Susu UHT juga disebut sebagai susu strerilisasi karena diolah dengan standar steril yang tinggi. Pemanasan dengan suhu tinggi untuk membunuh seluruh mikroorganisme, baik pembusuk maupun patogen.

Sementara waktu singkat dalam pengolahannya bertujuan mencegah kerusakan nilai gizi susu serta mendapat aroma, warna, dan rasa yang tidak berubah seperti susu segarnya.

Melansir usdairy.com, susu UHT memiliki kelebihan karena umur simpannya yang panjang, yakni 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak perlu dimasukkan ke lemari es. Tapi, ketika kemasan susu UHT sudah terbuka, susu ini harus disimpan di lemari es dan tidak melebihi lima hari. Penyimpanan di suhu ruang membuatnya menjadi asam (rusak) dalam sehari.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Walaupun susu UHT menawarkan kelebihan yang banyak tetapi susu UHT tidak luput dari kekurangannya. Dikutip dari greenfieldsdairy.com, susu UHT tidak bisa digunakan sebagai bahan pembuatan keju dan mentega karena selama proses UHT, protein whey dalam susu berubah strukturnya.

Selain itu, karena perubahan struktur protein dalam susu UHT, rasa susu ini agak berbeda dengan rasa lebih manis dan kadang juga rasa susu UHT lebih kuat dibandingkan produk olahan susu lainnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com