JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Menko Airlangga: Indonesia Makin Diperhitungkan di Kancah Dunia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berjalan didampingi Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dalam acara Srawungan Sanak Trah Mangkunegara I di Kota Solo, Jumat (16/9/2022)./ Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang makin diperhitungkan dalam kancah global.

Menyusul peran sentral Indonesia sebagai presidensi G20 tahun 2022, peran penting Indonesia juga kian diperkuat dengan kepercayaan yang diberikan oleh PBB.

Terutama adalah pemberian kepercayaan terhadap Indonesia untuk  terlibat dalam memitigasi dan merumuskan solusi atas krisis keuangan dunia dalam Global Crisis Response Group (GCRG) bersama Bangladesh, Barbados, Denmark, Jerman, dan Senegal.

“Dengan posisi yang makin diperhitunkan ini, maka diperlukan penguatan koordinasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Pelaku UMKM dan stakeholders lainnya,” ujar Menko Airlangga dalam acara Srawungan Sanak Trah Mangkunegara I di Kota Solo, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga :  Resmi Diluncurkan, Solo Great Sale Libatkan 23.000 Pelaku Usaha. Target Raup Rp 2 Triliun

Menko Airlangga mengatakan, Indonesia saat ini dipercaya memimpin G20 serta memimpin ASEAN di tahun depan. Artinya, jelas Airlangga,  Indonesia  sudah diperhitungkan dan diharap dapat menjadi contoh negara-negara berkembang lainnya.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Indonesia kini juga kian resilien dan mampu menorehkan capaian pertumbuhan ekonomi yang tercatat impresif hingga 5,44% pada Q2 2022 serta meneruskan tren pertumbuhan di atas 5% selama 3 triwulan terakhir.

Seiring dengan upaya peningkatan ekonomi tersebut, Pemerintah juga berupaya untuk menekan tingkat inflasi terutama terkait bahan pangan yang dijaga paling tinggi pada angka 5%.

Baca Juga :  Di Kalangan Pemilih Muda, Golkar Paling Populer  Dibanding PDIP, Gerindra dan Demokrat

Guna mengoptimalkan upaya dalam menjaga tingkat inflasi tersebut, Pemerintah Pusat turut melibatkan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk dapat menyediakan bantuan subsidi dengan memanfaatkan APBD serta membantu dalam menentukan sentra-sentra provinsi untuk dapat menjalin sinergi dan kerja sama antar daerah.

Dengan upaya pelibatan Pemerintah Daerah tersebut, hingga Agustus 2022 tercatat sejumlah daerah berhasil mengalami deflasi yang salah satunya Kota Surakarta. Deflasi tersebut akan terus didorong agar lebih optimal melalui pemanfaatan APBD yang tepat sasaran.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com