JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: Pemerintah Serius Siapkan Telenta Digital

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah serius untuk mengakselerasi transformasi digital di Indonesia. Di mana, keseriusan tersebut dibuktikan dengan berbagai kebijakan terkait pengembangan talenta digital di tanah air.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat membuka gelaran Indonesia Cloud Day 2022, Kamis (1/9/2022).

Menko Airlangga mencontohkan, pada tahun 2030, diprediksi akan terjadi kekurangan 47 juta talenta digital di Kawasan Asia Pasifik. Di Indonesia sendiri, saat ini tiap tahun membutuhkan 600.000 talenta digital.

Baca Juga :  Peneliti LSI: Airlangga King Maker 2024 yang Paling Lengkap

Sementara, nilai ekonomi digital Indonesia pada 2021 menyentuh angka tertinggi di kawasan ASEAN dan mencapai sebesar 70 miliar dolar AS. Nilai ini diprediksi akan meningkat hingga USD 330 miliar di tahun 2030.

“Pemerintah telah menginisiasi berbagai kebijakan,” tutur Airlangga, Senin (5/9/2022).

Menko Airlangga menambahkan, dengan potensi peningkatan ekonomi digital, kebutuhan talenta digital turut meningkat.

Untuk menyiapkan talenta digital ini, pemerintah sudah mengeluarkan Program Kartu Prakerja yang bersifat end-to-end digital.

Baca Juga :  Masih Berstatus Saksi, Pengirim Paket Kardus yang Meledak di Aspol Sukoharjo Asal Indramayu, Sudah Dipulangkan

Program itu sebagai pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya dengan nilai manfaat hingga Rp 3,55 juta bagi tiap individu.

Dijelaskan, kartu Prakerja telah menyasar lebih dari 13 juta penerima manfaat dari 514 kabupaten/kota dan memperlihatkan bahwa infrastruktur digital Indonesia telah mampu menjangkau hingga seluruh wilayah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com