JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Ekstrak Biji Pepaya

buah pepaya. pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Pepaya merupakan merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah ini tidak mengenal musim, dan dengan mudah ditemukan di kios-kios buah ataupun supermarket.

Daging pepaya mempunyai tekstur yang lembut, dan kebanyakan berasa manis. Pepaya juga sangat tinggi polifenol dan flavonoid, dua senyawa antioksidan untuk membantu meningkatkan kesehatan. Mengutip dari Healthline, biji pepaya pun mengandung berbagai mikronutrien esensial.

Merujuk publikasi Antioxidant Activity of Papaya Seed Extracts, biji pepaya mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit untuk mencegah stres oksidatif Biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat.

Baca Juga :  Waspada! Virus Hepatitis Picu 3.500 Orang di Dunia Meninggal Setiap Hari

Manfaat kesehatan biji pepaya

1. Mencegah infeksi

2. Mengatasi beberapa jenis jamur dan parasit

3. Minum ramuan biji pepaya kering dan madu secara efektif membasmi parasit usus

4. Melindungi fungsi ginjal

Laporan penelitian berjudul Shampoo Bar Based on Papaya Seed Oil sebagai Inovasi Pemanfaatan Limbah Biji Pepaya. Produk jadinya dinamakan Tordasil, singkatan dari Transparant Shampoo Bar Bassed on Papaya. Tujuan akhir pembuatan produk sampo berbentuk bomboloni berwarna oranye ini untuk menjaga kesehatan rambut.

Baca Juga :  Sederet Makanan Lebaran ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

Mengutip Healthline, buah pepaya yang bobotnya 152 gram mengandung 59 kalori, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1 gram protein, vitamin C 157 persen dari rekomendasi asupan harian (RDI). Ada pula vitamin A 33 persen dari RDI, folat (vitamin B9) 14 persen dari RDI, potasium 11 persen dari RDI, deretan nutrisi lainnya kalsium, magnesium dan vitamin B1, B3, B5, E dan K. Pepaya mengandung karotenoid sebagai antioksidan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com