JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Spesifikasi dan Daftar Harga Sepeda Motor Listrik, Bisa Jadi Alternatif Saat Harga BBM Naik

Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Senin, 15 Agustus 2022. Alva One ditawarkan dengan harga Rp 34.990.000 on the road (OTR) Jakarta. Foto: Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Perla Pertalite, Pertamax, dan Solar per 3 September 2022.

Hingga kini kebijakan yang diambil pemerintah itu banyak menuai protes dari berbagai pihak, hingga berujung demo yang dilakukan oleh sejumlah kelompok masyarakat dan mahasiswa.

Terkait semakin mahalnya BBM, Human Capital, Legal, dan Sekretaris Perusahaan PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) Bagas Sidharta, mengatakan kenaikkan harga BBM menjadi ini bisa menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik.

WIMA, selaku distributor motor listrik Gesits, mengaku optimistis penjualan motor listrik akan meningkat setelah kenaikan harga BBM.

“Biaya operasional kendaraan listrik jauh lebih murah,” kata Bagas saat dihubungi Tempo, Senin, 5 September 2022.

Sudah banyak pilihan sepeda motor listrik di Indonesia. Motor listrik bisa menjadi alternatif bagi masyarakat. Berikut Tempo merangkum daftar motor listrik yang dijual di Indonesia berikut harganya:

1. Gesits
Motor listrik Gesits dipasarkan dengan harga Rp 28 juta-an. Motor ini dibekali tenaga listrik berdaya 5 kW dan baterai Lithium-ion 750 2 Volt/20 Ah. Dalam sekali pengisian daya Gesits bisa menjangkau jarak 50 kilometer untuk baterai tunggal dan 100 km untuk baterai ganda.

Motor listrik Gesits mampu menghasilkan tenaga 6,7 HP dan torsi 30 Nm dengan kecepatan maksimal 70 km per jam. Waktu pengecasan baterainya sekitar 3 hingga 4 jam.

2. Viar Q1
Motor listrik Viar Q1 mungkin sudah tidak asing di masyarakat. Motor ini sudah digunakan sebagai armada transportasi online. Menurut Viar Motors Indonesia, Viar Q1 ini dijual dengan harga Rp 20 juta-an. Motor ini dibekali motor penggerak bertenaga 800 Watt yang bisa melaju dengan kecepatan 60 km per jam.

Sistem baterai yang digunakan Lithium-ion 60V/23Ah yang bisa menempuh jarak 60 km dari kapasitas penuh. Sementara untuk pengisian dayanya membutuhkan waktu 4 hingga 5 jam sampai 100 persen.

3. Alva One
Alva Oneyang baru diluncurkan dalam GIIAS 2022 adalah merek motor listrik lokal di bawah naungan PT Ilectra Motor Group (IMG). Alva One memiliki tiga mode berkendara yakni Eco, Cruise, dan e-Sport, yang masing-masing memiliki batas kecepatan 43 km per jam, 70 km per jam, dan 90 km per jam.

Jika menggunakan mode Eco, jarak yang bisa ditempuh motor ini mencapai 70 kilometer. Motor penggerak yang digunakan motor listrik Alva One terletak di roda belakang yang memungkinkan pemberian daya langsung dari dinamo ke roda belakang tanpa transmisi.

Tenaga yang dihasilkan tenaga motor penggerak sebesar 5,7 PS dan torsi 46 Nm. Motor penggerak tersebut ditenagai baterai Lithium 60V 45A (2,7 kWh). Baterai motor listrik ini dapat diisi menggunakan charger berdaya 70.5V 15A dengan lama pengisian sekitar 4 jam.

Alva One tersedia dalam lima pilihan warna, yakni putih, hitam, biru, biru turquoise, dan merah. Harga soal, motor listrik ini dibanderol dengan harga Rp 34,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

4. Volta 401
Motor listrik Volta 401 dijual dengan harga mulai dari Rp 15.750.000. Motor ini mengusung baterai ah SGB Lifepo4 60V/23Ah yang mampu menempuh jarak maksimal 60 km. Kecepatan tertinggi motor ini mencapai 60 km per jam.

5. United T-1800
Motor listrik United T-1800 mengusung motor penggerak Bosch 60V 1.800 W yang menghasilkan torsi 27 Nm dan kecepatan maksimalnya 70 km per jam. Baterai yang digunakan Lithium 60V/28Ah yang mampu menempuh jarak 65 km menggunakan mode normal.

Motor listrik ini memiliki fitur reverse atau bisa berjalan mundur dengan kecepatan 3 km per jam. Motor listrik United T-1800 dijual dengan harga Rp 28,5 juta OTR DKI Jakarta.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com