JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei LSN: Ganjar dan Anies Stagnan, Prabowo Melejit

prabowo
ilustrasi/tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Elektabilitas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan cenderung stagnan.

Dan sebaliknya, elektabilitas Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto melejit menduduki posisi puncak dalam survei yang diadakan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN).

Survei yang digelar LSN 28 Agustus – 2 September 2022 itu menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan teratas dengan 30,6 persen.

Elektabilitas tertinggi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 18,9 persen.

Disusul Gubernur Jakarta Anies Baswedan 16,8 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,5 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,4 persen.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Hilirisasi Picu Daya Saing untuk Topang  Peningkatan Ekonomi Nasional

Setelah itu ada nama Menteri BUMN Erick Thohir 4,2 persen, disusul Menparekraf Sandiaga Uno 1,8 persen, Ketua DPR Puan Maharani dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dengan raihan 1,5 persen, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 1,1 persen.

“Elektabilitas Prabowo cenderung meningkat sementara Ganjar dan Anies cenderung stagnan,” ujar Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, Senin, (5/9/2022).

Berdasarkan hasil survei, fenomena mandegnya tingkat dukungan terhadap Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dipengaruhi banyak faktor.

Baca Juga :  Terpisah Sejak Bayi, Pembantu Asal Gunungkidul Nangis Sesenggukan Gendong Anaknya Sambil Peluk Erat Kapolresta Cirebon

Di antaranya, pertama belum jelasnya partai yang akan menjadi kendaraan Ganjar dan Anies untuk maju sebagai capres 2024.

“Semakin aktifnya Puan Maharani mensosialisasikan diri sebagai capres mengindikasikan bahwa peluang Ganjar diusung PDI Perjuangan semakin kecil,” katanya.

Sedangkan untuk Anies, peluangnya untuk bisa menjadi calon presiden di 2024 semakin sempit karena Gubernur DKI itu tidak berafiliasi dengan satu partai pun.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com