JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Agar Anak-anak Tak Mudah Tertular Batuk Pilek

Ilustrasi anak-anak sehat sedang bermain. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Anak-anak sangat rentan tertular virus flu, apalagi di saat musim pancaroba. Virus flu yang menyerang anak bisa menjadi batuk pilek.

Flu dan pilek dapat terjadi karena infeksi virus dan dapat ditularkan dari orang ke orang dengan mudah.

Penularan batuk pilek bisa melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Anak-anak sangat rentan terhadap risiko tertular batuk pilek. Untuk itu orang tua harus lebih memperhatikan agar anak tidak mudah tertular.

Berikut ada beberapa tips untuk orang tua agar sangat buah hati tidak mudah tertular flu dan batuk.

Agar anak-anak tetap bisa bermain dan beraktivitas dengan aman, orang tua dapat menerapkan beberapa tips pencegahan infeksi. Hal ini guna mencegah dan mengendalikan infeksi pada anak agar tidak mudah tertular flu dan batuk. Ada beberapa tips untuk para orangtua agar anak tidak mudah tertular flu dan batuk pilek, diantaranya:

1. Menjaga Kebersihan

Kebiasaan mencuci tangan adalah langkah terbaik agar dapat melindungi diri dari penularan penyakit serta mencegah untuk menyebarkan penyakit kepada orang lain. Segera cuci tangan setelah bersin atau batuk. Cuci tangan dianjurkkan menggunakan air mengalir dan sabun.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Anda harus membiasakan Anak untuk mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun khususnya sebelum makan dan setelah dari kamar mandi atau setelah menggunakan fasilitas umum. Hindari menyentuh hidung, mulut dan mata dengan tangan yang belum dicuci.

2. Etika Bersin dan Batuk

Apabila mengalami batuk atau bersin, mulut dan hidung dapat ditutup dengan tisu atau lengan baju. Tisu yang telah digunakan saat batuk atau bersin sebaiknya segera dibuang ke tempat sampah karena telah menampung virus. Hindari menutup mulut atau hidung langsung dengan tangan karena virus dapat menempel di tangan.

3. Memberikan Vaksin

Mengutip dari laman Kemenkes RI, imunisasi merupakan cara paling efektif untuk melindungi anak-anak dari berbagai infeksi tertentu pada masa kanak-kanak. Mendapatkan vaksin flu setiap tahunnya baik untuk membantu mencegah Anak tertular flu dan batuk. Anak usia >6 bulan sudah boleh mendapatkan vaksin flu.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Imunisasi juga dapat melindungi anak-anak yang terlalu muda untuk divaksinasi dan mereka yang memiliki kondisi medis yang menghalangi anak-anak untuk divaksinasi. Selain itu, imunisasi juga menghentikan penyebaran infeksi di masyarakat dengan memberikan kekebalan kelompok.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga pola makan secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem imun sebagai cara mencegah penularan virus flu. Asupan makanan juga berperan penting dalam mencegah flu yang terjadi bertambah parah. Konsumsi lah makanan yang sehat, seimbang, dan bervariasi untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan lebih efektif dalam melawan infeksi.

5. Hindari kerumunan, tempat yang terlalu ramai dan sirkulasi yang buruk

Ada beberapa penyakit yang mudah sekali ditularkan jika suasana terlalu padat dan sirkulasi udara buruk. Bayi baru lahir biasanya daya tahan tubuhnya belum terlalu sempurna, sehingga jika dibawa ke keramaian seperti pasar dan tempat lain, mudah sekali tertular penyakit. Salah satunya infeksi saluran pernapasan atas, seperti batuk pilek.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com