JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Mencegah Kerontokan Rambut Agar Tak Botak

Ilustrasi rambut sehat. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Kerontokan dan pertumbuhan rambut merupakan siklut hidup yang dilewati rambut.

Tetapi jika rambut rontok sedara berlebihan bisa menyebabkan kebotakan, yang akan mempengaruhi penampilan. Rambut disebut juga sebagai mahkota kepala, maka rambut harus selalu dijaga agar tetap sehat.

Melansir Healthline, hal yang umum bagi orang untuk kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari. Tetepi, jika mengalami kerontokan yang lebih tiba-tiba atau penipisan secara keseluruhan, mungkin perlu menemui dokter.

Baca Juga :  Deretan Makanan dan Minuman ini Baik untuk Kesehatan Kulit

Beberapa shedding bersifat sementara dan mungkin merespon dengan baik terhadap perubahan pola makan, perawatan tertentu, atau perubahan gaya hidup. Namun, kerontokan rambut lainnya mungkin lebih permanen atau tidak berhenti sampai kondisi yang mendasarinya diobati.

Sekitar 50 persen laki-laki dan 15 persen wanita mengalami kerontokan rambut karena kondisi keturunan seperti androgenic alopecia (pola kebotakan pria dan wanita).

Cara terbaik untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut adalah dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya. Terkadang, kerontokan rambut bersifat sementara. Ini dapat disebabkan oleh persalinan, pembedahan, atau stresor utama lainnya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi kebotakan akibat kerontokan:

Baca Juga :  Bijak Konsumsi Parasetamol, Jika Berlebihan Bisa Datangkan Efek Samping Ini

1. Makan Protein Ekstra

Dikutip dari Medical News Today, beberapa orang yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah. Karena itu, perlu untuk memeriksa apakah kekurangan nutrisi berhubungan dengan kerontokan rambut.

2. Suplemen dan Obat-Obatan

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com