JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dinkes Jateng : Ada Pasien Gagal Ginjal Akut tapi Tak Konsumsi Obat Sirup

Ilustrasi gangguan ginjal. Pixabay
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah (Jateng), Yunita Dyah Suminar mengatakan saat ini di Jateng ada tiga pasien yang masuk kategori gagal ginjal akut misterius.

Tetyapi, dari tiga pasien itu, ada yang tidak meminum obat jenis sirup yang selama ini dianggap sebagai salah satu penyebab gagal ginjal akut.

Ia mengungkapkan tak semua pasien tersebut mengonsumsi obat sirup sebelum didiagnosa mengalami gejala gagal ginjal akut. “Ada yang tidak mengonsumsi obat sirup,” kata dia pada Rabu, (27/10/2022).

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Menurutnya, semua pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat dr Sardjito Yogyakarta. “Seperti yang disebutkan Pak Gubernur Kemarin, salah satunya dari Wonogiri,” ungkapnya. Dia enggan menyebutkan lebih rinci daerah asal pasien.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ada lima kasus diduga gagal ginjal akut di wilayahnya. Namun, Yunita menjelaskan hanya tiga dari lima kasus itu yang masuk kategori gagal ginjal akut misterius.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Pasalnya, satu kasus telah dideteksi faktornya sehingga tak masuk kategori misterius. Sementara satu kasus lain terdeteksi sebelum masa munculnya penyakit gagal ginjal akut.

Ganjar mengatakan, telah memerintah Dinas Kesehatan untuk intens berkomunikasi dengan jajarannya di kabupaten dan kota untuk menangani gagal ginjal akut. “Termasuk dengan seluruh rumah sakit di Jawa Tengah,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com