JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Temuan Unik di Boyolali, Batuan Candi Berwarna Putih

Petugas menunjukkan Petugas sedang menunjukkan batuan candi warna putih yang ditemukan di Dukuh Beji, Desa Kopen, Teras, Boyolali / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Ada temuan unik batu candi di wilayah Boyolali. Ya, fragmen batuan candi tidak berupa batuan andesit hitam pada umumnya. Namun, uniknya, justru berasal dari batuan putih.

Menurut Pamong Museum R Hamong Wardoyo, Boyolali, Faried Burhanudin, fragmen baru candi tersebut ditemukan saat warga menggali kubur di Dukuh Beji, Desa Kopen, Kecamatan Teras. Batuan putih tersebut ditemukan warga di kedalaman tanah sekitar 80 – 130 cm.

Baca Juga :  Ratusan Warga Desa Kembangkuning, Boyolali Gelar Aksi Damai, Protes Jagonya dalam Pilkades Gagal Tes Tertulis

Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, yang mendapat laporan adanya temuan itu langsung mendatangi lokasi. Ada enam potongan batu berwarna putih dengan berbagai bentuk.

“Kumpulan batuan lepas itu diperkirakan merupakan bagian dari candi dari masa lampau. Perkiraannya ini semacam makara atau mahkota candi atau puncak candi, namun perlu dikaji lebih lanjut,” katanya, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Boyolali Lega, Pilkades Manggis Lancar. Ternyata Karena Hal Ini

Walaupun belum dikaji secara maksimal, Disdikbud Boyolali telah mengambil tindakan dengan mengevakuasi batuan candi tersebut ke Museum R Hamong Wardoyo. Evakuasi dilakukan dalam rangka penyelematan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com