JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Vitamin B12, Apa Saja Manfaatnya untuk Tubuh?

Ilustrasi telur. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Vitamin B12 atau cyanocobalamin dapat diperoleh dalam beberapa makanan hewani dan suplemen tambahan. Beberapa sumber vitamin B12 alami adalah ikan, kerang, daging, hati, telur ayam, susu, yoghurt, dan keju.

Dikutip dari laman Harvard T.H. Chan School of Public Health, vitamin B12 berfungsi mengikat protein dalam makanan yang dimakan. Di perut, asam klorida dan enzim akan melepaskan vitamin B12 menjadi bentuk bebasnya. Dari sanalah, vitamin B12 bergabung dengan protein yang disebut faktor intrinsik sehingga dapat diserap lebih jauh di usus kecil.

Baca Juga :  Bijak Konsumsi Parasetamol, Jika Berlebihan Bisa Datangkan Efek Samping Ini

Manfaat Vitamin B12
Beberapa manfaat vitamin B12 mengutip dari laman Web MD yaitu:

1. Mencegah dan mengobati depresi

Vitamin B12 berperan dalam produksi serotonin, sehingga kekurangan vitamin ini dapat dihubungkan dengan terjadinya depresi klinis. Dalam sebuah penelitian, wanita tua yang cacat dengan kekurangan B12 ditemukan memiliki risiko dua kali lipat mengalami depresi berat. Selain itu, kadar vitamin B12 yang tinggi telah dikaitkan dengan peluang pemulihan yang lebih baik dari gangguan depresi.

Baca Juga :  Catat, Ini Sederet Risiko Jika Sering Mengonsumsi Makanan Instan

2. Mengurangi risiko degenerasi makula

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com