JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar 9 Tanaman yang Dapat Pupuk Bersubsidi Mulai Tahun Depan, Ini Syaratnya

Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ternyata tidak semua tanaman pertanian mendapatkan pupuk bersubsidi. Pemerintah telah melansir daftar tanaman yang dapat pupuk bersubsidi itu.

Ketentuan soal daftar tanaman yang dapat pupuk bersubsidi itu mulai berlaku pada tahun depan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan atau Kepala Dispertan dan Pangan Wonogiri Baroto Eko Pujanto mengatakan, mulai tahun depan hanya ada sembilan tanaman yang bisa diusulkan mendapatkan pupuk berusubsidi.

Adapun daftar tanaman yang dapat pupuk bersubsidi yakni padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu, kopi dan kakao.

“Syaratnya di bawah dua hektare,” kata Kepala Dispertan dan Pangan Wonogiri Baroto Eko Pujanto, Senin (28/11/2022).

Baca Juga :  Meski Tak Punya Lapangan Sendiri, SMPN 1 Selogiri Sabet Juara 1 Wonogiri Muda Futsal Cup 2024

Di sisi lain, Kepala Dispertan dan Pangan Wonogiri Baroto Eko Pujanto mengungkapkan, sisa alokasi pupuk Urea bersubsidi hingga 25 November lalu masih 3.014 ton, sedangkan sisa alokasi pupuk NPK 3.234 ton.

Pada 2023 mendatang, semua proses penebusan pupuk bersubsidi harus menggunakan kartu tani. Pasalnya, penyusunan kuota pupuk bersubsidi tidak menggunakan skema Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) lagi, melainkan menggunakan e-Alokasi.

Jumlah petani di Kabupaten Wonogiri sebanyak 172.265 orang. Adapun kartu tani yang digunakan saat ini mencapai 111.220 unit.

“Dalam kartu tani nanti akan berisi kuota pupuk bersubsidi. Hanya akan ada dua jenis pupuk bersubsidi, yaitu Urea dan NPK,” terang Kepala Dispertan dan Pangan Wonogiri Baroto Eko Pujanto.

Baca Juga :  Daftar Pelanggaran Sasaran Operasi Patuh Candi 2024, Mode On dari 15 sampai 28 Juli

Sementara sejumlah petani di Kabupaten Wonogiri menerima bantuan berupa 127 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan Alsintan tersebut dilakukan di pendapa Kabupaten Wonogiri, Senin (28/11).

Bantuan yang diberikan berupa 47 unit kultivator, 10 kendaraan roda tiga, 10 perajang tembakau, 11 hand tractor rotari, 10 power thresher dorong, 10 hand sprayer elektrik, tujuh alat pencacah pupuk organik, tujuh pompa air, delapan hand tractor, empat konsiler mobile, dan tiga konsiler dorong. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com