JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan Ini Bisa Memperlancar BAB

Ilustrasi buah-buahan. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang berpengaruh terhadap pencernaan yang akhirnya  berpengaruh ke proses buang air besar (BAB). Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat melancarkan BAB.

Umumnya makanan berserat dapat memperlancar BAB seseorang. Berikut beberapa contoh makanan berserat, antara lain pisang, jeruk, apel, alpukat, mangga, stroberi, wortel, asparagus, sayuran hijau, nasi merah, dan kacang-kacangan.

Baca Juga :  Ahli Gizi Anjurkan Tak Berlebihan Makan Nasi dan Mi, Apa Efek Buruknya?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk memperlancar BAB:

1. Makan makanan berserat

Menurut ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic, Christine Lee MD, makanan berserat dengan kadar air yang tinggi merupakan sumber serat yang hebat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Adapun makanan berserat yang disarankan di antaranya gandum, pisang, jeruk, apel, alpukat, mangga, stroberi, wortel, asparagus, sayuran hijau, nasi merah, dan kacang-kacangan.

Baca Juga :  Sederet Manfaat Jus Jambu Biji, Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

2. Minum air jahe

Jahe dikenal sebagai ramuan penghangat yang menyebabkan bagian dalam tubuh menghasilkan lebih banyak panas sehingga dapat membantu mempercepat kerja pencernaan yang lambat.

Minumlah satu hingga dua kali sehari tepat setelah makan. Jahe akan merangsang pencernaan dan menuntaskan masalah sembelit dengan segera.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com