JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Penyebab Rambut Memutih pada Usia Muda

Ilustrasi rambut beruban. pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Memiliki rambut tebal dan hitam menjadi impian banyak orang. Saat masih remaja, rambut akan terlihat sehat dan hitam.

Tetapi seiring bertambahnya usia, warna rambut dapat berubah. Ketika seseorang sudah tua, maka akjan terlihat ada penipisan di area tertentu di kepala sehingga rambut berubah dari warna aslinya menjadi abu-abu atau putih.

Dikutip dari Healthline, tubuh mempunyai folikel rambut, yaitu kantung kecil yang melapisi sel-sel kulit. Folikel rambut memiliki sel pigmen yang dikenal sebagai melanin.

Baca Juga :  CATAT, Kopi bukan Minuman Anak Apalagi Bayi: Ini Penjelasan Dokter

Sel-sel ini memberi warna pada rambut. Namun seiring berjalannya waktu, folikel rambut bisa kehilangan pigmen mengakibatkan rambut beruban.

Penyebab Rambut Memutih
1. Genetika

Jika punya uban saat masih muda, bisa jadi disebabkan karena keturunan orang tua atau kakek nenek memiliki uban atau uban pada usia dini.

Baca Juga :  Ahli Gizi Anjurkan Tak Berlebihan Makan Nasi dan Mi, Apa Efek Buruknya?

2. Stres

Mengutip Medical News Today, terdapat hubungan antara stres dan penipisan sel induk di folikel rambut tikus. Teori ini mungkin juga menjelaskan mengapa beberapa pemimpin dunia tampak menua atau beruban lebih cepat saat menjabat itu sebab mereka banyak berpikir dan stres.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com