JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Cianjur Dijadikan Objek Wisata Bencana, Warga Pun Pasang Papan Pengumuman

Kondisi 162 rumah di Kampung Cisarua, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Cianjur dalam kondisi memprihatinkan akibat gempa beberapa hari lalu / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, bukan saja mengundang empatidari masyarakat untuk mengulurkan bantuan saja.

Namun juga cukup banyak orang yang berkunjung untuk sekadar mengambil foto-foto atau video, dan terkadang selfie dan akhirya pergi lagi.

Melihat kenyatan itu, warga setempat memasang pesan tertulis  di kardus yang bertuliskan ‘Ini Bukan Wisata Bencana’.

Pesan tersebut dipasang di pinggir salah satu jalan dengan menggunakan kardus dan sebatang bambu.

Adapun pesan tersebut merupakan sindiran bagi masyarakat yang belakangan banyak mendatangi atau melintasi tempat kejadian bencana gempa bumi di beberapa wilayah Cianjur, termasuk Desa Gasol tetapi hanya untuk melihat-lihat serta mengabadikan momen lewat foto dan video.

Baca Juga :  Buka Rakornas Transisi PC-PEN, Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja Jajaran dalam Penanganan Pandemi Covid-19

“Sebenarnya tim kita yang pasang tulisan ini karena kita nggak tahu ya orang yang betul-betul berdonasi atau sekadar ingin mencari nambah follower atau apa kita nggak paham tujuannya mereka. Tapi kita berusaha berpikiran positif tapi nyatanya di lapangan banyak sekali dari warga dan relawan menyaksikan seperti apa,” kata seorang relawan, Eka di lokasi, Kamis (25/11/2022).

Baca Juga :  Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Bisa Ubah Konstelasi Politik 2024

Warga Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat memasang pesan di atas media kardus bertuliskan Ini Bukan Wisata Bencana, pada Kamis (24/11/2022).

Pesan ini, kata Eka, sengaja dibuat untuk mengingatkan bahwa aktivitas ‘wisata bencana’ tersebut tidak elok dilakukan di tengah situasi seperti sekarang.

Sehingga  ia meminta agar masyarakat manapun yang melintas agar mengedepankan empatinya dan menahan diri untuk tidak mendatangi lokasi bencana jika hanya sekedar berfoto ria.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com