JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kominfo Akui, Kasus Kebocoran Data Menunjukkan Tren Peningkatan, Ini Angkanya

Johny G Plate / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejak tahun 2019 hingga November 2022, setidaknya terdapat 77 kasus pelanggaran perlindungan data pribadi (PDP), termasuk di dalamnya kasus kebocoran data.

Menurut catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pelanggaran tersebut berasal dari 49 penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat dan 28 PSE lingkup publik.

“Kasusnya cenderung meningkat. Ada tiga kasus pada 2019, 21 kasus pada 2020, lalu 20 kasus pada 2021. Dan, pada 2022 sampai November ini terjadi 33 kasus,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga :  Dinilai Tidak Jujur, Jaksa Minta Hakim Tolak Pembelaan Putri Candrawathi

Dari 77 kasus tersebut, Johnny mengatakan kementeriannya telah merampungkan 58 kasus. Hasilnya, 19 kasus termasuk kategori bukan pelanggaran PDP. Sedangkan 39 kasus lainnya termasuk pelanggaran PDP.

Adapun dari 39 kasus PDP tersebut, 23 kasus diberikan rekomendasi terhadap sistem penyelengara. Kemudian, pemberian sanksi dilakukan terhadap 15 kasus, sedangkan pemberian peringatan diberikan ke satu kasus.

Baca Juga :  Kesejahteraan ASN Disebut di Atas Rata-rata, Ini Rincian Gaji PNS dan PPPK

Johnny menambahkan, pada November ini, kementeriannya sedang menangani lima kasus baru yang terjadi pada aplikasi Carousell, Forum Mobile Legend, Lazada, myPertamina dan PeduliLindungi.

Insiden PDP pada Carousell, Lazada, dan Forum Mobile Legend itu dilaporkan PSE kepada Kominfo. Saat ini, Kominfo tengah melakukan pendalaman untuk memberikan rekomendasi.

“Kalau insiden myPertamina dan PeduliLindungi, dugaan kebocoran data pribadi itu disebabkan peretasan akun Bjorka,” ujar Johnny.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com