JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pakai Beskap dan Kebaya, Kaesang-Erina Ziarah di Astana Oetara Makam Mangkunegara VI, Terkait Penggunaan Pura untuk Ngunduh Mantu?

Kaesang dan Erina berjalan beriringan memasuki kompleks makam Astana Oetara Nayu untuk melakukan ziarah / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Putra bungsun presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan calon isterinya, Erina Gudono melakukan  ziarah di Astana Oetara,  Nayu, Nusukan, Banjarsari, yakni kompleks pemakaman Mangkunegara VI, Selasa (29/11/2022).

Kaesang dan Erina datang dengan menaiki toyota Alphard hitam dengan bernopol H 554 TO pada pukul 13.30 WIB.

Kaesang memakai beskap warna hitam dan jarik warna cokelat. Begitu pula Erina mengenakan kebaya warna senada dengan Kaesang warna hitam juga jarik warna cokelat serta tengah memakai sanggul.

Sesampainya di Astana Oetara Kaesang dan Erina sempat berbincang-bincang sejenak dengan juru kunci didampingi pengageng Wedana Pura Mangkunegaran, K.R.M.T Lilik Priarso Tirtodiningrat. Baru setelah itu, mereka  melakukan ziarah di makam Mangkunegara VI.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Sekitar 10 menit kemudian, Kaesang-Erina selesai melakukan ziarah. Namun saat dikonfirmasi Kaesang enggan berkomentar apa-apa pada awak media.

Sementara itu Hariyanto, juru kunci Astana Oetara Nayu, menjelaskan bahwa tidak ada adat khusus bagi yang akan melangsungkan acara pernikahan.

“Tidak ada adat sebelum acara pernikahan untuk datang ke makam. Tidak ada pula hari khusus juga untuk ziarah, bebas. Karena saya punya prinsip orang ziarah itu panggilan jiwa. Kalau belum waktunya tak mungkin orang melakukan  ziarah,” terang Hariyanto.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

Ditanya apakah ziarah tersebut berkaitan dengan penggunaan Pura Mangkunegaran sebagai tempat acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina,  Hariyanto menepisnya.

“Enggak (enggak berkaitan ijin menggunakan Mangkunegaran). Itu kehendak sendiri,” jelasnya.

Menurut Hariyanto, Gibran dan Presiden Jokowi pernah ziarah di Astana Oetara sebelum menjadi walikota.

“Pak jokowi mau jadi walikota ke sini. Gibran mau jadi walikota juga ke sini. Dulu sebelum Bhre mau jadi Mangkunegoro X juga ke sini. Itu ada yang mengarahkan ke sini mungkin,” pungkasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com