JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Bakteri Baik Probiotik dalam Tubuh

Yoghurt. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bakteri baik sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bakteri baik berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, jantung, menyehatkan kulit.

Bakteri baik dalam usus manusia dikenal sebagai probiotik. Probiotik berguna melawan bakteri jahat untuk keseimbangan dalam tubuh.

Bakteri ini terdiri atas beberapa jenis yang mendukung kesehatan usus. Merujuk keterangan Let’s Eat Healthy, bakteri baik probiotik sudah lama dikaitkan dengan beberapa produk susu fermentasi, di antaranya yoghurt, keju, kefir. Sebab, produk susu mampu membentuk mikrobiota usus dan pengangkut yang ideal untuk bakteri probiotik.

Baca Juga :  Bisa Sembuh Sendiri, Ini Cara Mengobati Sariawan

Probiotik bisa hidup di berbagai bagian tubuh manusia. Tapi, paling dominan berada di lambung dan usus. Ada banyak strain bakteri probiotik yang paling utama berasal dari kelompok lactobacillus dan ifidobacterium.

Manfaat bakteri baik probiotik

1. Mencegah dan mengobati diare

Mengutip Healthline, probiotik bermanfaat mencegah dan mengobati diare. Probiotik juga bermanfaat meredakan diare terkait efek samping antibiotik dan pengobatan kemoterapi. Beberapa strain probiotik yang mendukung manfaat itu antara lain, Lactobacillus rhamnosus, lactobacillus casei, dan saccharomyces boulardii.

Baca Juga :  Kenali Jenis Bau Mulut Penanda Gangguan Kesehatan

2. Keseimbangan pencernaan

Probiotik termasuk mikroorganisme yang mengembalikan keseimbangan alami bakteri baik di usus. Masalah pencernaan akibat bakteri jahat, penyakit, obat-obatan, dan makanan bisa diatasi.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com