JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih hijau
Daun sirih. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tanaman sirih tumbuh subur di Indonesia. Daun tumbuhan menjalar ini telah lama digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.

Pada 1940, di Solo pernah diadakan seminar jamu, dikutip dari laporan berjudul Jamu Ramuan Tradisional Kaya Manfaat. Setelah itu dilanjutkan pembentukan panitia yang bertugas untuk mengimbau para saudagar jamu secara sukarela mendaftarkan resep pribadi mereka untuk dinilai oleh Jawatan Kesehatan Rakyat.

Akhir tahun 1944, diumumkan beberapa tanaman obat terpilih di koran Asia Raya, di antaranya biji kopi dan daun pepaya untuk disentri. Ada pula daun ketepeng, kulit batang pohon pule, daun sirih, bunga belimbing wuluh, dan cengkih.

Mengutip Medindia, selembar daun sirih mengandung kadar air yang tinggi sekitar 85 persen hingga 90 persen. Daun sirih tergolong rendah kalori. Daun sirih juga mengandung yodium, kalium, vitamin A, Vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Manfaat daun sirih

1. Mengurangi risiko diabetes

Bubuk daun sirih memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah oramg yang mengalami diabetes mellitus tipe 2. Biasanya orang yang mengalami diabetes menujukkan kadar glukosa terus naik. Sedangkan daun sirih mengandung antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Daun dirih membantu menurunkan kadar kolesterol total. Kolesterol yang terlalu tinggi faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mengurangi risiko kanker

Daun sirih mengandung berbagai bahan kimia yang bermanfaat untuk memperlambat atau mengurangi risiko kanker. Sumber antioksidan daun sirih menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

4. Penyembuhan luka

Daun sirih berguna sebagai zat pelindung dalam penyembuhan luka dengan cara meningkatkan laju kontraksi luka. Antioksidan dalam daun sirih bisa mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

5. Asma

Minyak yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi membantu dalam menurunkan risiko asma.

6. Kesehatan mulut

Daun sirih menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri dalam mulut. Daun sirih bermanfaat mengurangi risiko pembusukan gigi menghambat asam yang diproduksi oleh bakteri di air liur..

7. Mengurangi bau badan

Bau badan penyebab utama yang membuat orang-orang enggan untuk mendekat. Mengonsumsi air rebusan daun sirih mengurangi bau badan.

8. Menghilangkan keputihan

Daun sirih memiliki kandungan yang melawan pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan keputihan. Rebusan sepuluh lembar daun sirih dalam 500 mililiter air setelah mendidih, dibiarkan mengikuti suhu ruangan. Setelah itu, air daun bisa digunakan untuk membilas area kewanitaan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com