JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Capres 2024 oleh CiG Mark, Ridwan Kamil Ungguli Prabowo dan Anies di Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil nangkring di urutan pertama menyalip Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 di Bumi Pasundan.

Posisi tersebut diperoleh Ridwan Kamil dalam survei yang dilakukan oleh  CiG Mark bertajuk “Jawa Barat dalam Pusaran Politik 2024”.

CEO CiG Mark, Panca Pratama, menerangkan sebanyak 41,1 persen responden menjatuhkan pilihan pada Ridwan Kamil sebagai capres dalam simulasi 10 nama capres.

“Responden banyak memilih Ridwan Kamil sebesar 41,1 persen, disusul oleh Prabowo Subianto. Polanya hampir sama seperti simulasi 18 nama tadi, Ridwan Kamil cukup mendominasi baik di 18 nama maupun 10 nama yang kita uji,” kata Panca di Hotel Bintang Baru, Jakarta Pusat, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga :  Sejak Pilpres 2004 Hingga 2024, MK Selalu Tolak Gugatan Pilpres, Prabowo Cetak ‘Hattrick’ Ditolak MK, Kini Kondisi Berbalik

Adapun Prabowo Subianto mendulang suara sebesar 23,5 persen. Panca menyebut konteks Prabowo mengikuti pilpres dua kali pada 2014 dan 2019 tidak bisa dilepaskan dari tingginya suara Ketua Umum Partai Gerindra itu. Sehingga, angka keterkenalan Prabowo oleh masyarakat Jawa Barat juga tinggi.

Calon Presiden Partai NasDem, Anies Baswedan, menempati posisi ketiga dengan suara sebesar 14,9 persen. Saat simulasi dikerucutkan menjadi 6 nama, Ridwan Kamil tetap menempati peringkat teratas.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

“Dari simulasi 10 nama tadi ada yang mengubah ke Ridwan Kamil, Prabowo, Anies, atau Ganjar. Tapi tetap Ridwan Kamil jadi posisi teratas untuk kandidat capres dari 6 nama ini,” kata dia.

Panca menyebut Jawa Barat menjadi salah satu provinsi penentu dalam pilpres. Adapun survei ini digelar pada 12-28 September 2022 dengan jumlah 825 responden. Selain wawancara tatap muka, survei dilancarkan melalui aplikasi sehingga kesalahan teknis dalam pengambilan data di lapangan bisa dideteksi lebih dini.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com