JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Allahu Akbar, Kesaksian Detik-detik 2 Pesawat Alami Turbulensi Mengerikan, Puluhan Penumpang Terlempar Jatuh

Ilustrasi pesawat alami Turbulensi. Foto/JSnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Insiden turbulensi mengerikan menimpa dua pesawat di Amerika Serikat.

Dalam kejadian itu, mengakibatkan 41 penumpang cedera dan beberapa harus dirawat di rumah sakit.

Beruntung tidak ada korban yang meninggal dunia. Turbulensi itu terjadi pada dua pesawat secara terpisah.

Tidak ada indikasi bahwa dua peristiwa turbulensi itu terkait. Perjalanan udara sangat sibuk di seluruh dunia minggu ini karena liburan musim dingin.

Seorang penumpang menceritakan pengalamannya ketika peristiwa terjadi.

Ilustrasi petugas menolong penumpang pesawat alami Turbulensi. Foto/JSnews

Menurut keterangan salah satu penumpang, Tiffany Reyes turbulensi terjadi saat baru kembali ke kursinya dari kamar mandi.

Saat itu ia hendak mengencangkan sabuk pengamannya ketika pesawat Hawaiian Airlines yang dinaikinya tiba-tiba merosot turun.

Dalam sekejap, Reyes mendapati dirinya terlentang di lantai lorong, menatap panel langit-langit yang runtuh dan tanda kamar mandi retak yang tergantung.

“Saya bertanya kepada semua orang di sekitar saya, ‘Apakah itu karena saya?” kata Reyes dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari marketwatch.com.

“Mereka bilang aku rupanya terbang ke langit-langit dan terbanting ke tanah,” tuturnya.

Baca Juga :  Mantap, Persatuan Perangkat Desa Kalijambe (PRADESKAKA) Sragen Menggelar Acara Halal Bihalal dan Bakti Sosial di Balai Desa Jetiskarangpung

Reyes (40) termasuk di antara 20 orang, yang dibawa ke rumah sakit. Sebelas orang dalam kondisi serius.

Secara keseluruhan, 36 orang menerima perawatan medis untuk benjolan, memar, luka dan mual, kata Jim Ireland, direktur Layanan Medis Darurat Honolulu.

Reyes dalam perjalanan pulang setelah menjemput putrinya Kaylee dari perguruan tinggi.

Dia awalnya mengira ada sesuatu yang menabrak pesawat. Dia sempat mengira mereka akan mati karena dia belum pernah mengalami hal yang begitu mengerikan dalam penerbangan sebelumnya.

Penerbangan Hawaiian Airlines berangkat dari Phoenix dan mendekati Honolulu sekitar pukul 10:35 pada Minggu, 18 Desember 2022, ketika mengalami turbulensi, menurut Badan Penerbangan Federal AS (FAA).

Pada Senin, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengumumkan akan menyelidiki insiden tersebut.

Hawaiian Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa 36 orang telah dievaluasi di bandara setelah mendarat, dan “terus mendukung” 17 penumpang dan tiga awak yang diangkut ke rumah sakit daerah untuk perawatan, 11 dengan luka serius.

Baca Juga :  Ini Sikap Timnas AMIN Jika Gugatannya Soal Sengketa Pilpres Sampai Ditolak MK

Dua penumpang dan tiga awak pesawat United Airlines dari Rio de Janeiro terluka akibat turbulensi dalam perjalanan ke Houston, Texas, Senin pagi.

Petugas medis membawa mereka ke rumah sakit setempat karena menderita “luka ringan,” kata United Airlines dalam sebuah pernyataan.

Afiliasi ABC News merekam video ambulans di Bandara Bush Intercontinental ketika penerbangan United Airlines mendarat sekitar pukul 5:30 pagi.

Dilaporkan bahwa penerbangan tersebut mengalami turbulensi saat melewati Cancun, Meksiko, mengutip pemindai radio lalu lintas udara.

Dari 20 orang yang dirawat di rumah sakit setelah penerbangan Hawaiian Airlines, 11 dibawa ke ruang gawat darurat dalam kondisi serius, menurut Layanan Medis Darurat Honolulu.

“Cedera termasuk di kepala, memar, dan kehilangan kesadaran, kata EMS dalam sebuah pernyataan.

Hawaiian Airlines mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pesawat Airbus A330 sebelum mengembalikannya ke layanan.

Dalam video bagian dalam pesawat yang diperlihatkan di CNN, puing-puing berserakan di lantai dan ada beberapa retakan di langit-langit tempat orang atau benda tampaknya tertabrak dengan paksa.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com