JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Catat, Ini Risiko Terlalu Sering Menggunakan Cat Rambut untuk Menutupi Uban

Ilustrasi rambut sehat. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Seiring bertambahnya usia, rambutpun juga akan mulai berubah warna atau beruban. Biasanya saat memasuki usia 30, uban akan mulai muncul, dan bagi sebagian orang keadaan ini dianggap mengganggu penampilan.

Selain akibat penuaan, uban juga bisa muncul karena gaya hidup atau permasalahan lain seperti stres.

Sebagai solusi instan, maka maka banyak orang akan menggunakan cat rambut untuk menutupi uban. Namun jika terlalu sering mengecat rambut juga memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Melansir dari magforwomen, ada sederet bahaya yang mengintai bia terlalu sering menggunakan cat rambut.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Bahaya Terlalu Sering Mengecat Rambut

1. Reaksi alergi
Bahan kimia pada perwarna yang terdapat pada cat rambut dapat menyebabkan reaksi alergi. Jadi, sebelum menggunakan cat rambut, pastikan untuk melakukan tes terlebih dahulu pada kulit tangan.

2. Efek pada mata dan kulit kepala
Beberapa merek pewarna rambut bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan pada mata. Selain itu juga, dapat menyebabkan luka, gatal-gatal, dan sensasi terbakar pada kulit kepala.

3. Gangguan hormonal
Beberapa produk pewarna rambut mengandung alkylphenol etoksilat (APE), yang juga bisa ditemukan di spermisida dan pestisida. Sehingga kandungan tersebut dapat menyebabkan gangguan hormonal dalam tubuh.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

4. Penyakit Limfoma Non-Hodgkin

dalam sebuah studi menjelaskan bahwa orang yang terlalu sering mengecat rambut dapat berpotensi mengembangkan limfoma non-hodgkin, yaitu sebuay kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

5. Penyakit Hodgkins dan multiple myeloma
Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa bahan kimia pada pewarna rambut dapat berkemungkinan menyebabkan penyakit hodgkin, yaitu jenis lain dari penyakit getah bening.

6 Kanker
Zat kimia pada cat rambut pada umumnya mengandung bahan penyebab kanker, dan biasanya berhubungan dengan kanker payudara dan kandung kemih.

Itulah 6 risiko jika terlalu sering menggunakan cat rambut.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com