JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Ilustrasi gorengan
Ilustrasi gorengan. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

JOGLOSEMARNEWS.COM Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan akan membuat aktifitas menjadi terganggu. Penderita radang tenggorokan biasanya akan merasa tidak nyaman atau bahkan sakit saat menelan makanan.

Tentu saja kondisi ini sangat menganggu, terutama saat harus menyelesaikan berbagai pekerjaan atau aktivitas.

Saat mengalami sakit tenggorokan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi. Karena makan makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan gejala atau sakit tenggorokan menjadi semakin parah.

Ada berbagai makanan yang untuk sementara dihindari agar tingkat kesembuhan semakin cepat. Melansir eatthis.com, hli gizi Toby Amidor membuat daftar makanan yang perlu dihindari saat sakit tenggorokan.

Baca Juga :  Ingin Punya Ginjal Sehat? Ini 5 Jenis Makanan Sehat yang Wajib Anda Konsumsi

1. Snack renyah

Makanan seperti keripik, kerupuk, dan makanan sejenis lainnya mungkin terasa tajam saat ditelan dan menyebabkan rasa sakit dan iritasi yang lebih buruk. Tepi bergerigi dari makanan ini bisa menusuk tenggorokan yang sudah sakit. Makanan yang lebih lembut cenderung lebih baik untuk sakit tenggorokan. Kalau ingin kerupuk atau keripik saat mengalami kondisi ini, celupkan ke dalam teh hangat untuk melembutkannya.

2. Buah sitrus

Buah ini kaya dengan vitamin C, yang sangat bagus untuk saat sakit. Namun, jika keasaman buah-buahan segar seperti jeruk, lemon, dan limau meningkatkan rasa geli di tenggorokan saat memakannya, maka sebaiknya hindari sampai sakit tenggorokan mereda. Jus, es loli, dan smoothie yang dibuat dengan buah jeruk juga dapat menyebabkan iritasi, jadi tunda sementara jika mengganggu.

Baca Juga :  Mengenal Tanaman Putri Malu, Mengandung Antibakteri : Memiliki Manfaat Apa untuk Kesehatan?

Tapi jika ingin mencoba meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau bahkan dengan air hangat dan madu. Untuk meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau air hangat dan madu.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com