JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Doa Sembuh dari Penyakit Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Doa bersama manajemen dan pegawai RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri terhadap tenaga kesehatan yang gugur berjuang melawan COVID-19. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Semua makhluk hidup terutama manusia tentu pernah merasakan sakit. Adapun ikhtiar yang bisa dilakukan meliputi cukup istirahat, minum obat dan memanjakan doa sembuh dari penyakit.

Nah sebagai Muslim sudah barang tentu memanjatkan doa sembuh dari penyakit yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Melansir dari ntb.kemenag.go.id, dalam melewati ujian sakit, kita dianjurkan berikhtiar. Meliputi periksa ke dokter untuk mendapatkan obat, beristirahat, dan menjaga pola makan, dan tidak panik.

Namun rupanya itu saja kurang cukup, sebab semua kesembuhan datangnya hanya dari Allah SWT. Oleh karenanya sebagai hamba, kita juga harus memanjatkan doa sembuh dari penyakit.

Pada zaman Nabi Muhammad SAW, Rasulullah sendiri memiliki amalan atau doa yang rutin dibaca untuk meminta perlindungan kepada Allah agar keluarganya senantiasa diberi kesehatan.

Doa ini juga dibacakan beliau saat menjenguk orang yang sakit supaya lekas sembuh.

Berikut bacaan doanya :

“Allahumma rabbanasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas Syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughadiru saqomaa”

“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa di atas dapat kita amalkan saat kita sendiri yang sakit.

Adapun pada alternatif doa lainnya untuk memohon kesembuhan dikisahkan Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ashradhiyallahu ‘anhu, dia pernah mengadukan kepada Rasulullah SAW tentang rasa sakit yang ada pada dirinya.

Rasulullah pun menjawab kepadanya

“Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah “Bismillah” sebanyak tiga kali

dilanjutkan membaca sebanyak tujuh kali: A’uudzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru, Artinya :

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com