JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Garut Diguncang Gempa Susulan dengan Kekuatan M2,9

gempa bumi
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski terkesan sudah melandai, namun diam-diam di Garut masih terjadi gempa susulan.

Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau (BMKG) mencatat gempa terkini di Garut berkekuatan M2,9 pada pukul 17.59 WIB. Gempa ini terjadi setelah gempa M6,1 mengguncang Garut pada pukul 16.49 WIB.

Untuk gempa yang terkini disebutkan memiliki pusatnya 61 kilometer barat daya Kabupaten Garut dan kedalaman 107 kilometer. Sebagai pembanding, gempa M6,1 berasal dari 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut, dengan kedalaman 109 kilometer.

Baca Juga :  Dicurigai Hendak Curi Sepeda Ontel, Pria Asal Sleman Ini Coba Lari, Akhirnya Dibekuk dan Diserahkan ke Polres Bantul

BMKG juga mencatat gempa terkini di Cianjur. Kekuatannya M3,1 terjadi pada pukul 18.26 WIB. Gempa di Cianjur ini merangkai catatan gempa susulan setelah gempa utama M5,6 yang terjadi 21 November lalu.

Belum diketahui apakah gempa terkini di Cianjur dipicu oleh guncangan gempa dari Garut hari ini. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam keterangannya di sebuah stasiun televisi swasta, menegaskan kalau kedua gempa berasal dari sistem dan kedalaman yang berbeda.

Baca Juga :  4 Hari Usai Jambret Dompet di Sleman, Pria Kulonprogo Ini Dibekuk Polisi

Selain di Garut dan Cianjur, BMKG juga mencatat gempa terkini dari Timor Tengah Utara di NTT, Luwu Timur di Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Kupang di NTT. Masing-masing terjadi pada pukul 18.50 WIB (kekuatan M3,1 berpusat di laut), pukul 17.40 WIB (M2,6 berpusat di darat), dan pukul  17.29 WIB (M3,1 berpusat di pesisir).

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com