JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jejak Langkah Solo Menuju Kota Pariwisata

Pesta Kembang Api saat closing ceremony Asean Paragames. Foto: dok Inaspoc

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Belakangan, Kota Solo makin bergerak dinamis dan terus bertumbuh. Dapat dilihat, setiap bulan hampir selalu digelar acara berlevel nasional hingga internasional.

Maraknya kegiatan tersebut makin memantabkan Solo bukan hanya sebagai kota Meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE), namun juga kota seni, mudik dan olah raga.

Dalam seni musik ada konser musik cadas Dream Theater yang disusul dengan Rock in Solo dan perayaan 3 dekade Dewa 19 yang mampu membetot perhatian masyarakat.

Sementara melalui Asean Para Games 2022, Solo berhasil membuktikan sebagai sport tourism yang sebelumnya diwacanakan sebagai program andalan.

Keberhasilan event-event tersebut sudah tentu tak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemkot Surakarta, Dinas Kebudayaan & Pariwisata Surakarta, serta Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Solo.

Baca Juga :  Prabowo: Solo Ini Tempat Khusus, Siapapun Lewat Solo, Pasti Mencapai Pangkat Tertinggi

Di bawah kepemimpinan Retno Wulandari, BPPD Solo serius menggagas program yang selalu diawali dengan riset. Satu di antaranya adalah Surakarta city branding toward wellness tourism, serta riset potensi pasar destinasi wisata Solo Raya.

Program-program berkembang bagus dengan kolaborasi yang dilakukan pula dengan pihak luar. Di antaranya kerja sama dengan BPPD Jatim, BPPD Provinsi DIY serta BPPD Kota Yogyakarta.

Retno Wulandari menilai ada tiga komponen penting untuk mendorong pengembangan pariwisata Kota Solo. Ketiganya berupa attractions, amenity dan accessibility.

Salah satu yang terus didorong adalah soal akses, khususnya penerbangan internasional agar mampu menggaet wisatawan mancanegara. Hal itu dilakukan demi mewujudkan mimpi Solo sebagai Kota Pariwisata.

Baca Juga :  Ornamen Kubah Masjid Sheikh Zayed Patah Kena Angin dan Hujan Deras, Perbaikan Dipastikan Butuh Waktu Lama

Beberapa program yang dilakukan untuk pengembangan Solo sebagai Kota Pariwisata dapat dilihat dari jejak-jejak berikut ini:

 

  1. Pameran UMKM dan Pentas Java in Paris

Pameran UMKM Solo dan pentas seni di pusat perbelanjaan Le BHV Marais, Paris, dengan tema Java in paris, Juli 2022.

  1. Asean Para Games 2022

Pesta olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara, Juli-Agustus 2022 yang diikuti oleh 1.648 atlet dari 11 negara.

 

  1. Konser Metal Dream Theater

Konser grup metal asal Negeri Paman Sam di Stadion Manahan, Rabu (10/8/2022) yang mampu menyedot ribuan penikmat musik cadas dari berbagai kota di Tanah Air.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com