JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Komnas HAM Tekankan Prinsip HAM pada Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024

Wakil Ketua Internal Pramono Ubaid Tanthowi dalam konferensi pers “Refleksi Penegakan HAM di Indonesia Tahun 2022” di Jakarta, Sabtu (10/12/2022) / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memberi perhatian khusus pada penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Untuk menyukseskan jalannya pesta demokrasi lima tahunan, Komnas HAM akan bekerja sama dengan lembaga penyelenggara Pemilu, instansi negara terkait, media massa serta masyarakat sipil.

“Agar penyelenggaraan pemilu dan pilkada bukan hanya menekankan pada aspek kejujuran dan keadilan secara prosedural, namun juga sejalan dengan prinsip-prinsip HAM,” kata Pramono Ubaid Tanthowi dalam konferensi pers “Refleksi Penegakan HAM di Indonesia Tahun 2022” di Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

Beberapa aspek kerja sama itu seperti, proses pendataan dan pelayanan pemilih kelompok rentan, proses penegakan hukum atas masa kampanye tidak eksesif sehingga melanggar kebebasan berpendapat dan berekspresi warga negara, hingga pengaturan terkait tim Adhoc.

“Tentang Petugas Badan Adhoc yang lebih baik untuk meminimalisir risiko kematian sebagaimana Pemilu 2019,” kata Ubaid, sebagaimana dilansir dari tribunnews.

Komnas HAM akan mencermati mengenai isu kebabasan beragama dan berkeyakinan agar tidak terjadi penyalahgunaan isu politik identitas.

Baca Juga :  3 Menteri dan Ketua TKN Prabowo-Gibran Hadiri Open House Megawati, Jokowi Absen

“Komnas HAM akan memastikan bahwa kontestasi politik dalam Pemilu dan Pilkada harus dilandasi dengan sikap saling menghargai perbedaan pilihan, toleransi terhadap aspirasi politik kelompok minoritas, serta dijauhinya penggunaan cara-cara kekerasan dan provokasi,” tuturnya. Firman Fajar W

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com