JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mengenali Ciri-ciri Udara yang Tercemar

Kiri: Foto udara gedung-gedung bertingkat yang diselimuti kabut polusi di kawasan Jakarta, Jumat, 6 September 2019. Langit biru terlihat di atas kawasan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 2 April 2020. Polusi udara Jakarta turun setelah pemerintah menerapkan kerja di rumah untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) /tempo.co

JOGLOSEMARNEWS.COM — Udara merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh setiap manusia, karena tanpa udara manusia tak dapat hidup. Udara yang bersih akan membuat lingkungan menjadi sehat.

Lantas bagaimana jika udara tercemar zar berbahaya? Bahan yang mencemari udara bisa berupa gas asing, bau, debu atau asap yang dapat mengganggu dan membahayakan makhluk hidup.

Baca Juga :  Ada Berbagai Bentuk Kepala Sikat Gigi, Rekomendasi Dokter?

Kebanyakan pencemaran udara disebabkan oleh ulah manusia. Contoh pencemaran udara antara lain hidrokarbon, senyawa organik, dan partikel debu. Juga karbon monoksida, sulfur oksida, dan nitrogen oksida.

Pencemaran udara dihasilkan dari kegiatan manusia dan alam seperti emisi dari kendaraan bermotor, pembangkit listrik dan letusan gunung berapi.

Lantas, apa saja ciri-ciri udara yang tercemar? Dilansir dari laman Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, berikut ciri-ciri udara yang tercemar:

Baca Juga :  Awas, Makan Terlalu Kenyang Bisa Berisiko pada Kesehatan

1. Kadar Karbon Dioksida Tinggi

Saat menghirup udara yang baik, kita akan merasa segar karena kandungan oksigennya tinggi. Tetapi saat menghirup udara yang tercemar, napas akan terasa sesak karena kadar karbon dioksida yang sangat tinggi.

2. Berwarna

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com