JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pemda DIY Pastikan Wisatawan Aman Selama Libur Nataru

Bus Jogja Heritage Track saat uji coba melintas di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (25/4/2022) / Republika
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Daerah (Pemda) DIY memastikan adanya peningkatan moda transportasi umum guna menunjang pergerakan wisatawan selama di DIY.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, peningkatan itu sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengantisipasi lonjakan wisatawan selama masa Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Begitu juga dengan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) akan menjadi perhatian untuk menghadapi Nataru nanti,” ujar Baskara saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (7/12/2022).

Untuk itu, jelas Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, pihaknya akan menggelar rapat bersama OPD terkait untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan saat libur Nataru 2023.

Baca Juga :  Pelaku Klitih di Sleman Ini Tewas Setelah Berhasil Membacok 2 Remaja di Punggung dan Pinggang

Rapat baru mau dilakukan antara forkopimda dan beberapa OPD.

“Nanti kita undang rapat koordinasi. Itu biasanya ada dari dinas perhubungan, dari kepolisian, dari Binda, perindag itu akan membuat laporan kesiapan kita, Bulog juga,” kata Aji, sapaan akrabnya.

Aji menyebutkan bahwa penerapan protokol kesehatan harus dipatuhi oleh wisatawan. Selain itu, sarana dan prasarana untuk ketertiban protokol kesehatan ini harus disipakan untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Harus ada (sarana dan prasarana), setiap kegiatan juga harus disiapkan cuci tangan, hand sanitizer, kemudian jaga jarak, masker dipakai dan harus ada petugasnya yang selalu mengingatkan (untuk disiplin prokes),” ujar Aji.

Baca Juga :  Alat Pendeteksi Gempa di Gunungkidul Pun Dijarah Maling! Polisi Bekuk Pelaku

Kesadaran akan penerapan prokes diminta tumbuh dari diri masing-masing, mengingat banyaknya kerumunan yang nanti akan memadati DIY sehingga hal ini tidak menambah lagi kasus positif Covid-19.

“Kerumunan sudah mulai banyak, kalau kita tidak (taat) prokes, tidak pakai masker, saya kira nanti akan nambah lagi (kasus Covid-19). Tidak perlu diingatkan lah (kalau prokes), ingat sendiri-sendiri saja. Setiap orang mengingatkan dirinya kan akan sama-sama menjaga,” kata Aji, seperti dilansir Republika.

“Lalu ketersediaan permakanan seperti apa, nanti akan kita evaluasi juga situasi keamanan. Nanti kepolisian akan membuat laporan antisipasinya, sehingga nanti jalannya libur Nataru bisa lancar,” ujarnya. Firman Fajar W

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com