JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ribuan Warga Sragen Tumplek Blek Ikuti Jalan Sehat HUT ke-32 PDAM, Bupati Mengaku Bangga

Ribuan warga Sragen saat kumpul di Alun-Alun Sragen mengikuti jalan sehat HUT ke-32 PDAM Sragen, Sabtu (17/12/2022). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ribuan warga Sragen ikuti gerak jalan HUT ke-32 PDAM Tirto Negoro Sragen di alun-alun setempat, Sabtu (17/12/2022). Berbagai hadiah menarik mulai sepeda motor, sepeda gunung dan berbagai barang elektronik disediakan oleh panitia.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati beserta jajaran Direksi PDAM Sragen terlihat larut bersama masyarakat ikut gerak jalan sejauh 4 kilometer. Tampak pula Ketua DPC PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati yang mengikuti acara.

Bupati Yuni mengaku bangga dengan capaian Perumda PDAM yang performanya sejauh ini dinilai cukup bagus.
.”Meski sempat menurun karena pandemi Covid, tapi perlahan kembali on the track dan jadi andalan dalam menyumbang PAD Sragen,” ujar Yuni di sela acara.

Yuni mengatakan, jumlah pelanggan PDAM juga terus meningkat setiap tahun hingga terakhir sudah menyentuh 70.000 pelanggan.

Ia berharap ke depan semakin banyak warga yang memanfaatkan layanan PDAM karena airnya bersih dan higienis.

“Kalau kendalanya, mungkin karena di beberapa titik kadang tabrakan dengan layanan air bersih Pamsimas desa. Makanya ke depan harus diatur lebih rapi, mana-mana wilayah yang tidak terjangkau PDAM bisa terlayani Pamsimas,” jelasnya.

Bupati menyebut sejauh ini, dari total 20 kecamatan di Sragen, mayoritas sudah terlayani jaringan PDAM. Hanya Kecamatan Miri yang terletak di kawasan Waduk Kedung Ombo (WKO) yang belum tersentuh.

Baca Juga :  Bocah 4 Tahun Terseret Arus Sungai Saat Menyelamatkan Kucing, Ditemukan 2 Jam Kemudian Kondisi Korban Tersangkut Bambu

Namun ditargetkan pada 2023 mendatang, Kecamatan Miri sudah masuk jaringan PDAM meski untuk sementara hanya di perkotaan Miri.

“Meski secara ekonomis kurang menjanjikan, namun tetap harus dilayani. Sehingga semua wilayah kecamatan di Sragen sudah terjangkau PDAM,” tambahnya.

Yuni berpesan performa PDAM harus terus ditingkatkan dalam melayani ketersediaan air bersih. Penyertaan modal dari pemkab juga akan terus ditambah dalam rangka mempertahankan performa salah satu Perumda andalan ini.

“Apalagi sumbangan PAD dari PDAM selama ini juga signifikan, jadi harus terus dipertahankan performanya,” tandasnya.

Dirut PDAM Tirto Negoro Sragen, Hanindyo Heri Prayitno menyampaikan Kecamatan Miri secepatnya akan dimasuki layanan PDAM meski banyak tantangan atau kendala.

Sehingga ia memastikan dalam waktu dekat seluruh kecamatan atau 20 kecamatan di Sragen dipastikan akan merasakan layanan.

“Jumlah pelanggan PDAM Sragen saat ini tercatat 70.000 yang meliputi 19 kecamatan. Hanya tinggal Kecamatan Miri yang belum, tapi sudah dalam proses pengembangan wilayah jangkauan,” ujar Dirut PDAM Sragen, Hanindyo Heru Prayitno usai pengundian hadiah pelanggan dalam rangka HUT ke-32 PDAM Sragen, Rabu (14/12/2022).

Menurut Hanin, ada berbagai kendala kenapa wilayah Miri belum bisa terlayani air dari PDAM.

Baca Juga :  Hampir Cedera, Petugas Damkar Sragen Berjibaku Selamatkan Kambing Bunting yang Tercebur Sumur 15 Meter

Di antaranya keterbatasan sumber air dan secara perhitungan ekonomis kurang feasible.

“Tapi itu bukan menjadi alasan karena itu bagian dari melayani warga Sragen. Kita tetap melakukan pengembangan jangkauan untuk wilayah Miri sehingga secepatnya semua kecamatan bisa dilayani” jelasnya.

Dari analisa sementara, ia menyebut potensi pelanggan baru di wilayah Kecamatan Miri, memang terbilang kecil, hanya ratusan sambungan rumah (SR).

Namun hal itu bukan halangan untuk penetrasi layanan mengingat pengembangan ke Miri dianggap bagian dari investasi karena ke depan.

Sebab wilayah di Sragen barat itu diyakini punya potensi akan berkembang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Sragen.

Hanin menambahkan, untuk undian pelanggan dalam rangka HUT ke-32 PDAM Sragen kali ini, pihaknya menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk pelanggan setia.

Seperti sepeda gunung, kulkas, TV dan mesin cuci. Belasan hadiah itu diundi untuk diperebutkan pelanggan yang selalu tertib melakukan pembayaran tagihan pemakaian air setiap bulannya.

Sementara, untuk kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) ke Pemkab Sragen, Hanin memastikan selalu meningkat setiap tahunnya.

Pada tahun 2022 PDAM Sragen menyumbang Rp 2,7 miliar dan proyeksi untuk 2023 mendatang ditarget naik menjadi Rp 2,9 miliar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com