JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sekolah Teladan Yogyakarta Gelar Teladan Fest 2022 untuk Pertama Kalinya. Berikut Ini Bentuk Kegiatannya

Teladan fest 2022 yang digelar Sekolah Teladan Yogyakarta. Foto: dok
   

 

JOGJA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sekolah Teladan Yogyakarta untuk pertama kalinya menyelenggarakan Teladan Fest 2022, yang bertempat di Gedung Teladan Sportorium Center (TSC), Rabu (21/12/2022).

Teladan Fest 2022 merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi Pameran Robotika dan Karya Siswa, Unjuk Bakat Anak Teladan (UBAT), Market Day dan Class Meeting.

Direktur Sekolah Teladan, Nur Hilawah menuturkan, acara ini sebagai pestanya anak-anak teladan. “Ajang berkreasi dan mengekspresikan bakat melalui panggung pertunjukan spektakuler,” katanya.

Acara ini didukung oleh lebih dari 30 usaha wali siswa.  Euforia kemeriahan acara ini sudah terasa sejak awal, terlihat dari konfirmasi kedatangan yang dihadiri lebih dari 1.500 wali murid beserta keluarganya. Hal itu terbukti begitu banyak pengunjung yang memadati Teladan Sportorium Centar untuk menyaksikan Teladan Fest 2022.

Ketua Panitia Anton Nugroho menambahkan, Teladan Fest 2022 menjadi sarana unjuk hasil karya dari program akademik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Ada banyak yang unik dan menarik perhatian di booth pameran.  Di antaranya adalah booth yang memajang kreasi barang terbuat dari tempurung kelapa dan botol plastik.  Tempurung kelapa dirubah oleh murid kelas 2 SD Teladan menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis, dimanfaatkan untuk dijadikan pot bunga.

Baca Juga :  Dikelola dengan Baik, Pariwisata Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Seperti yang dijelaskan oleh guru pembimbing kelas 2, Suci Retnaningtyas, mengenai proses pembuatannya. “Pertama-tama tempurung kelapa yg sdh dibersihkan serabutnya dibelah menjadi 2 bagian, diamplas sampai halus, jika sudah halus dicat pakai plitur bagian luar dan dalamnya, setelah kering dilem baru dihias dengan biji-bijian,” katanya.

Tidak jauh berbeda dengan murid kelas 1 yang membuat kreasi barang bekas dari botol plastik kemasan.  Lewat sentuhan ide kreatif terciptalah barang bernilai seni dan mempunyai nilai jual tinggi.  Rak buku, rak sepatu, pigura foto dan masih banyak yang lainnya.

Lebih lanjut Suci menyampaikan, dengan melalui proses pembuatan yang panjang, proyek pemanfaatan barang bekas ini diharapkan mampu melatih kesabaran, ketelitian, kemandirian dan tanggungjawab para peserta didik.

Teladan Fest 2022 menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas dan kepercayan diri siswa.  Seluruh siswa KB, TK, SD dan SMP akan mengambil peran dalam gelaran Teladan Fest 2022. Unjuk Bakat Anak Teladan menampilkan berbagai macam performa, tahfidz dan pentas seni yg meliputi, gerak dan lagu, drama treatikal, fashion show, paduan suara, tari, talk show dan pemutaran film hasil karya siswa.

Baca Juga :  Setelah Dihajar, Laki-laki di Bantul Ini Dipaksa Pegang Celurit dan Mengaku sebagai Klitih, Lalu Direkam Video

Teladan Fest 2022 bisa disaksikan live streaming youtube di live.sekolahteladan.sch.id dan Instagram @sekolahteladanyk

Selain itu Teladan Fest 2022 juga dimeriahkan dengan kegiatan Market Day, yang di dalamnya ada transaksi jual beli produk.  Seluruh warga sekolah (guru, murid, orangtua) turut berpartisipasi sebagai pembeli, sedangkan murid KB, TK , SD dan SMP terbagi menjadi 3 sesi setiap harinya menjual barang atau makanan dan minuman.  Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada diri anak-anak sejak dini.

Dalam  Class meeting, akan dilombakan berbagai macam cabang olahraga.  Sebagai ajang melatih mental bersaing secara sehat, menjunjung tinggi nilai sportifitas dan kolaboratif untuk memperoleh hasil terbaik. Di gelaran perdana ini, Teladan Fest 2022 mengusung tema “Isyhadu bi anna Teladan. (ASA)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com