JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tak Cuma Manis Rasanya, Ini Sejumlah Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi buah nangka / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Buah nangka digemari karena rasanya yang manis dan harum. Hampir sebagian besar bagian buah nangka bahkan bisa dikonsumsi, lho. ย Mulai dari bijinya, daun, daging, hingga batang buahnya.

Daging buah nangka juga diperkaya dengan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan fitokimia sehingga menyimpan manfaat kesehatan yang banyak. ย Setidaknya ada empat manfaaat buah nangka bagi kesehatan tubuh, seperti berikut ini:

 

  1. Mencegah penyakit kronis

Nangka memiliki kandungan vitamin dan mineral lebih tinggi dibandingkan apel, apricot, pisang, dan alpukat. Melansir WebMD, nangka juga kaya akan vitamin C dan B serta mengandung folat, niasin, potasium, magnesium, dan riboflavin yang dapat membantu mencegah perkembangan beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

 

  1. Mengontrol tekanan darah

Nangka adalah sumber potasium yang baik. Kalium menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Menurut American Heart Association (AHA), makanan kaya potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah. AHA pun merekomendasikan bagi orang dewasa untuk mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium sehari. Sementara nangka menyediakan kandungan potasium hingga 739 miligram dalam satu cangkirnya.

 

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan serat dengan vitamin C dan beta-karoten mendukung nangka meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi virus. Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam biji buah membantu mengaktifkan sel kekebalan kunci yang bernama neutrofit. Kandungan vitamin A dan C-nya pun dapat membantu mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

 

  1. Menyehatkan kulit dan mata

Dilansir dari lifehack.org, nutrisi dan antioksidan dalam nangka seperti vitamin C meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat penuaan kulit. Selain itu, mengkonsumsi nangka dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Nangka juga diperkaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan bertindak sebagai pencegah katarak dan degenerasi makula.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com