JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tak Hanyak Untuk Memasak, Ini Sederet Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

Minyak kelapa. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk keperluan dapur alias memasak saja. Selain untuk memasak, minyak kelapa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, antara lain untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Dalam minyak kelapa terdapat kandungan antimikroba dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Melansir Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan:

1. Membakar lemak

Baca Juga :  Ini Makanan yang Bisa Kurangi Risiko Maag

Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan

Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Baca Juga :  Tak Hanya Tingkatkan Energi, Minum Kopi 2-4 Cangkir Tiap Hari Baik untuk Kesehatan Jangka Panjang

2. Memiliki efek antimikroba

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa.

Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bertindak sebagai agen bakteriostatik, zat yang mencegah bakteri berkembang biak tanpa membunuh bakteri.

3. Membantu mengurangi rasa lapar

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com