JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tak Hanyak Untuk Memasak, Ini Sederet Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

Minyak kelapa. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk keperluan dapur alias memasak saja. Selain untuk memasak, minyak kelapa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, antara lain untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Dalam minyak kelapa terdapat kandungan antimikroba dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Melansir Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan:

1. Membakar lemak

Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan

Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

2. Memiliki efek antimikroba

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa.

Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bertindak sebagai agen bakteriostatik, zat yang mencegah bakteri berkembang biak tanpa membunuh bakteri.

3. Membantu mengurangi rasa lapar

Salah satu fitur menarik dari MCT adalah dapat membantu mengurangi asupan makanan. Sebagian MCT dimakan akan dipecah dalam proses yang menghasilkan molekul yang disebut keton.

Keton mengurangi nafsu makan dan mengubah kadar hormon pemicu rasa lapar, seperti ghrelin. Orang yang menjalani diet keto tidak makan banyak karbohidrat, tapi sering makan banyak lemak. Karena alasan ini, tubuh mereka cenderung menggunakan keton sebagai bahan bakar.

4. Membantu mengurangi kejang

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Orang telah lama menggunakan diet keto yang sangat rendah karbohidrat dan tinggi lemak untuk mengobati berbagai penyakit.

Kurangnya glukosa yang tersedia untuk bahan bakar sel-sel otak adalah penjelasan yang mungkin untuk pengurangan frekuensi kejang pada orang dengan epilepsi pada diet ketogenik.

Mengurangi asupan karbohidrat dapat mengurangi glukosa dalam darah dan meningkatkan asupan lemak sehingga ada peningkatan konsentrasi keton secara signifikan.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering. Sehingga terjadi peningkatan fungsi kulit, membantu mencegah kehilangan air yang berlebihan, dan melindungi dari faktor eksternal, seperti agen infeksius, bahan kimia, dan alergen

Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini menetapkan bahwa mengoleskan 6–8 tetes minyak kelapa murni ke kulit efektif untuk mencegah kulit kering yang disebabkan oleh seringnya penggunaan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com