JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Terharu Bertemu Sriyanto Saputro, Warga Putatan Sragen Rame-Rame Curhat Sering Dibohongi Tiap Pemilu. Permohonan Langsung Direspon

Ratusan warga Kampung Putatan, Kroyo, Karangmalang, antusias saat bertemu dan mengikuti acara sosialisasi penguatan demokrasi oleh anggota DPRD Jateng, Sriyanto Saputro, Selasa (13/12/2022) malam. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah perwakilan warga Kampung Putatan, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, Sragen menyampaikan curahan hati (curhat) mereka terkait janji-janji tak terealisasi dari anggota DPR RI.

Mereka mengeluhkan hanya didekati saat dibutuhkan menjelang Pemilu setelah jadi sang legislator langsung hilang tanpa ada perhatian.

Curhatan itu mencuat saat ratusan warga di kampung itu menghadiri acara sosialisasi penguatan demokrasi daerah dan pengamalan nilai-nilai Pancasila oleh anggota DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro, Selasa (13/12/2022) malam.

Acara yang dipusatkan di lapangan voli Kampung Putatan RT 7/2 itu, berlangsung penuh suasana kehangatan. Warga yang senang dihadiri Sriyanto, dengan antusias menyampaikan uneg-uneg mereka.

Ratusan warga Kampung Putatan, Kroyo, Karangmalang, antusias saat bertemu dan mengikuti acara sosialisasi penguatan demokrasi oleh anggota DPRD Jateng, Sriyanto Saputro, Selasa (13/12/2022) malam. Foto/Wardoyo

Seperti tokoh Putatan bernama Sutrisno. Ia menyampaikan sudah trauma karena sering dibohongi calon DPR RI yang pernah didukung.

“Kami dari dulu sampai sekarang, nyuwun sewu merasa dibohongi sama yang sudah jadi DPR dulu-dulu Pak. Kadang hanya diberi sekali bantuan setelah itu nggak ada lagi. Kita rakyat kecil nyebutnya uang pembinaan itu saja sama sekali nggak ada. Makanya saya merasa haru, baru kali ini ada anggota dewan provinsi mau datang ke tempat kita. Kami dari dulu mau usaha apa, bingung nggak ada permodalan dan wadahnya,” paparnya.

Di belakang Sutrisno, tokoh lainnya Pak Aris curhat soal sarana talud jalan dan saluran air di kampung yang mulai rusak.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Jalan-jalan juga dinilai sudah butuh perbaikan dan sarana olahraga di kampung Putatan juga dirasa sangat minim serta butuh dukungan.

“Warga sini banyak yang senang volly, badminton, tenis meja dan senam. Kami mohon support dari BNN Pak Sriyanto, alat-alatnya agar bisa untuk sarana olahraga warga. Kami siap untuk Pak Sriyanto,” ujarnya.

Ratusan warga Kampung Putatan, Kroyo, Karangmalang, antusias saat bertemu dan mengikuti acara sosialisasi penguatan demokrasi oleh anggota DPRD Jateng, Sriyanto Saputro, Selasa (13/12/2022) malam. Foto/Wardoyo

Sementara, perwakilan kader Posyandu, Anik juga curhat kondisi Posyandu di kampungnya yang kekurangan sarana penunjang. Seperti timbangan berat badan bayi, timbangan elektrik dan mangkok balita.

Mendapat curhatan itu, legislator asal Gerindra itu memahami apa yang menjadi keluhan warga Putatan. Karenanya ia meminta aspirasi itu dicatat dan nantinya akan diperjuangkan untuk mendapat bantuan dari jalur legislasinya.

“Kalau dari aspirasi saya sudah tutup di 2023 karena sudah diajukan semua. Tapi saya sebagai wakil ketua Komisi C punya hak istilahnya saya punya CSR untuk 2023 tentunya nanti di pertengahan atau akhir. Kalau untuk kegiatan, monggo dengan senang hati, nanti saya support,” ujarnya.

Untuk mangkok balita, Sriyanto tanpa canggung langsung meminta sampel dan siap membelikannya.

Sementara terkait dukungan peralatan dan usaha untuk warga, ia mendorong membentuk kelompok tani atau ternak, agar bisa diberikan dana hibah seperti ternak lele, kambing dan sebagainya.

Sriyanto Saputro. Foto/Wardoyo

Termasuk untuk infrastruktur talud atau jalan, memang tidak bisa diberikan aspirasi karena Kroyo masuk kelurahan. Namun ia siap memberikan dalam cara lain yang tidak melanggar ketentuan.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Ia memastikan jika syarat terpenuhi, sebelum Pemilu 2024, bantuannya dipastikan sudah akan muncul di Putatan.

“Silakan nanti bapak ibu bisa mengajukan proposal, biar dicatat tim kami. Insya Allah siap,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Sriyanto juga menyampaikan bahwa sosialisasi itu digelar dalam rangka tugas kedinasannya terkait penguatan demokrasi daerah agar nilai nilai pancasila bisa memperkuat demokrasi.

Dalam setiap ajang pemilihan demokrasi mulai dari RT, diharapkan masyarakat senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan menjaga kerukunan.

“Ini sekaligus ajang silaturahmi dengan kader dan konstituen kami di Putatan sini. Silaturahmi ini sangat bagus untuk bisa memajukan Putatan. Meski baru dua kali ke sini, antusias masyarakat sangat tinggi. Kerjasama inilah yang perlu dijalin. Tak perlu melihat partainya A atau B yang penting siapa yang akhirnya di sana dan saya siap membantu memikirkan kemajuan Putatan.

Ia membenarkan banyak curhatan masyarakat terutama kesulitan membuka usaha ternak namun tidak punya modal dan belum tahu caranya.

“Tadi kami sampaikan, kita siap mensupport. Tapi data kelompoknya harus ada karena bantuan usaha ternak hanya bisa diberikan hibah. Alhamdulillah dengan silaturahmi ini kalau ada kendala bisa terpecahkan dengan diskusi untuk mencari solusi,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com