JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Wow, 11 Anjing Cerdas Bakal Ikut Amankan Pernikahan Kaesang-Erina Gundono

Kawanan anjing ras K9 milik Polda Jateng dan Polres yang akan dikerahkan untuk ikut pengamanan pernikahan Kaesang-Erina saat diapelkan menjelang persiapan pengamanan, Kamis (8/12/2022). Foto/Wardoyo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pengamanan pernikahan putra Presiden, Kaesang -Erina Gundono tidak hanya melibatkan ribuan personel saja.

Ternyata ada kawanan anjing yang juga akan ikut terlibat pengamanan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu.

Namun, bahkan anjing sembarangan yang akan ikut terlibat pengamanan. Sebelas ekor anjing itu adalah anjing khusus ras jenis belgian malitnoise dan golden retriever milik kepolisian.

Hewan-hewan yang cukup bersahabat ini dikerahkan Polda Jateng untuk melaksanakan tugas untuk sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama prosesi tasyakuran berlangsung.

Kasubsatgas Satwa pengamanan kegiatan, Kompol Tourakhman, mengatakan anjing-anjing berkualifikasi pelacak itu didatangkan Ditsamapta Polda Jateng dan delapan polres jajaran.

Baca Juga :  UMS Serahkan SK Kenaikan Pangkat untuk 59 Dosen dan Tenaga pendidik

“Disamping dari K-9 Ditsamapta Polda, satwa yang dilibatkan berasal dari sejumlah Polres seperti polres Kendal, Polresta Surakarta serta beberapa Polres di wilayah Soloraya,” kata Tourakhman saat diwawancara, Kamis (8/12/2022).

Anjing-anjing tersebut, kata dia, sangat terlatih dan akan ditempatkan di tiga titik strategis yaitu tempat start kirab di Loji Gandrung, sepanjang rute kirab dan lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

“Ada 26 personel Polri dan 11 ekor anjing ras yang ditugaskan di subsatgas satwa ini. Mereka disebar di tiga titik, yaitu Loji Gandrung, perlintasan kirab dan Pura Mangkunegaran. Namun yang terbanyak ditempatkan di sepanjang perlintasan kirab yaitu enam ekor anjing,” ungkap pria yang sehari-hari bertugas di Ditsamapta Polda Jateng ini.

Baca Juga :  Baru Seminggu, Omzet Fotografer Masjid Raya Sheikh Zayed Sudah Capai Rp 2 Juta di Musim Haji

“Tugas pokoknya nanti pelacakan, fokus pada sterilisasi bahan peledak di sekitar lokasi kegiatan,” tambahnya

Dirinya menyebut, sterilisasi merupakan prosedur rutin yang dilakukan Polri dalam mengamankan suatu kegiatan penting. Masyarakat diharapkan tidak perlu takut akan kehadiran anjing-anjing dari unit K-9 Polri di lapangan.

“Mereka cukup familiar dan berpengalaman. Meski begitu, mereka sangat awas dan teruji dalam menjejak bahan peledak di suatu lokasi,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com