JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Lato-lato Lagi Populer, Sebelumnya Indonesia Pernah Demam Gelombang Cinta, Batu Akik hingga Janda Bolong

Sejumlah anak memainkan latto-latto di Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur,  Jumat (6/1/2023)  /  tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Mainan lato-lato saat ini saat ini tengah digandrungi oleh anak-anak hingga remaja. Bahkan demam permainan lato-lato ini sekarang dilombakan oleh berbagai pihak.

Demam lato-lato ini membuat anak-anak tak bisa lepas dari mainan ini. Lato-lato sebenarnya telah populer di Indonesia pada tahun 1980an.

Orang-orang pun mulai menamai anak-anak tersebut tengah mengalami demam lato-lato.

Selain lato-lato, Indonesia sebenarnya pernah mengalami berbagai “demam” lain. Kita nyaris tak kekurangan ide untuk membuat suatu benda menjadi sebuah tren yang meluas di berbagai daerah.

Berikut adalah berbagai “demam” yang pernah melanda Indonesia dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gelombang Cinta

Pada 2006, harga bunga jenis Anthurium atau jamak dikenal sebagai gelombang cinta, melonjak tak terkira. Bibit Anthurium dihargai Rp20.000 hingga Rp50.000 per pot. Anthurium jenis supernova bahkan pernah menembus harga Rp1 miliar. Periode gila-gilaan gelombang cinta itu cuma bertahan dua tahun, sebelum akhirnya kini kembali menjadi tanaman murah.

Harganya kini sekitar Rp25.000 per pot. Bahkan, ada yang mematok harga lebih rendah. Meledaknya harga Anthurium kala itu seiring dengan pertumbuhan properti. Rumah-rumah baru yang konon dimiliki oleh kalangan atas membutuhkan legitimasi sisi kemewahan desain interior, termasuk perpaduan dengan bunga dan taman.

2. Batu Akik

Demam ini mulai marak sekitar 2014. Kala itu, orang-orang berbondong-bondong memburu batu akik. Demam batu akik ini semakin menjadi-jadi kala santer diberitakan masyarakat bergerombol mencari batu di kawasan Cilandak, Jaksel. Di sana, ada lahan kebun milik seseorang yang ternyata banyak terdapat batu hias. Dahulu sang pemilik menaruh batu itu untuk mempercantik taman.

Di luar perkiraan, mereka yang datang ke lokasi itu membludak dari pagi hingga malam, dengan tujuan mencari batu akik. Alasan mereka memburu batu akik pun bermacam-macam, mulai dari sekadar hiasan sampai percaya batu jenis tertentu memiliki khasiat supranatural di luar nalar. Saat itu, harga sebuah batu akik bisa dibanderol sampai jutaan.

3. Janda Bolong

Bagi Anda yang memilih mengisi waktu di rumah selama pandemi dengan berkebun, tentu tak asing dengan jenis bunga satu ini. Monstera atau yang marak dikenal sebagai janda bolong, adalah bunga yang ramai dilirik selama pandemi.

Dari sebelumnya Rp10 ribu–Rp25 ribu per tanaman, harga janda bolong naik harga jadi ratusan ribu rupiah. Bahkan, lelang yang dilakukan pada salah satu platform media sosial sering menempatkan janda bolong pada angka fantastis di atas Rp50 juta.

Janda bolong ukuran besar bahkan dihargai per helai daun. Makin banyak daun, tentu makin tinggi harganya. Sampai kapan keranjingan janda bolong ini berlangsung? Para pelaku usaha budi daya dan penjualan tanaman hias tentu saja memiliki agenda utama untuk mempertahankan tren ini selama mungkin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com