JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PBHI Tuding Sidang Tragedi Kanjuruhan Tidak Memihak Para Korban

Tragedi Kanjuruhan yang mengkibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa / republika

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sidang tragedi Kanjuruhan dituding tidak berperspektif untuk keadilan bagi para korban.

Tudingan itu dilontarkan oleh Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI), yang melihat adanya beberapa kejanggalan yang menyelimuti penanganan kasus tersebut.

Ketua PBHI, Julis Ibrani mengatakan, ada beberapa argumentasi atas tudingan tersebut. Pertama, PBHI menyatakan proses hukum tidak dilakukan secara transparan.

Di samping itu, ada indikasi terjadinya pelambatan proses secara sengaja, tanpa melibatkan korban dan terjadi konflik kepentingan pembelaan oleh Kepolisian terhadap tiga terdakwa dari Kepolisian.

Baca Juga :  Rafael Alun Sebenarnya Sudah Terima Gratifikasi Sejak 12 Tahun Silam

“Akibatnya, penyidikan tidak jelas arahnya, tidak jelas bukti dan saksinya,” ujar Julius Ibrani dalam keterangannya Kamis (26/1/2023), seperti dilansir dari Republika.

Padahal, jelas Julius, PBHI menemukan pasca Kapolres Malang meninggalkan Stadion, ada serangan sistematis dan massif oleh puluhan aparat dengan menembakkan gas air mata secara membabi buta ke tribun selatan.

Tiga anggota polisi yang menjadi terdakwa kasus tragedi Kanjuruhan itu membacakan nota keberatan atau eksepsi terhadap dakwaan jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Surabaya, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga :  Bertemu dalam  Buka Puasa di NasDem, JK Beri Arahan pada Airlangga Soal Peluang Bentuk Koalisi Besar

Dalam eksepsi yang dibacakan kuasa hukum ketiga terdakwa, AKBP Nurul Anaturoh menilai, dakwaan jaksa tak jelas, tak rinci, serta rapuh dan terkesan meraba-raba.

 

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menanggapi eksepsi tiga polisi terdakwa perkara Tragedi Kanjuruhan dalam persidangan, Selasa (24/1/2023).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com