JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Said Iqba: Perpu Cipta Kerja Bikin Pegawai Kontrak tak Punya Kepastian

Para buruh tengah berujuk rasa menolak kebijakan Perpu Cipta Kerja / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Perpu Cipta Kerja dinilai tidak memberikan kepastian bagi para pekerja, utamanya soal kontrak.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (14/1/2023).

“Orang dikontrak bisa seumur hidup walaupun dalam peraturan pemerintah dibatasi 5 tahun kontrak, tapi periodenya tidak,” kata Said.

Menurut Said, aturan kontrak kerja yang diatur dalam Perpu Cipta Kerja memiliki banyak persepsi, sehingga dapat merugikan pekerja kontrak tentang masa depan pekerjaannya.

Baca Juga :  Jimly Asshiddiqie Ajak Semua Pihak Move On dan Menerima Usai Putusan MK

“Bisa dikontrak hari ini, seminggu dikontrak besok dipecat nggak pakai pesangon, sebulan dikontrak dipecat nggak pakai pesangon, nggak ada jaminan kesehatan, nggak ada jaminan pensiun,” kata Said.

Atas dasar itulah, kata Said, dirinya turun langsung ke jalan menyuarakan kegelisahan buruh terhadap diberlakukannya Perpu Cipta Kerja yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 Desember 2022.

“Aksi-aksi akan terus digelorakan oleh partai buruh, meluas,” kata Said.

 

Ribuan buruh kembali menggelar demonstrasi menolak isi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang atau Perpu Cipta Kerja pagi ini, Sabtu 24 Januari 2023.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

Adapun isu yang diangkat dalam aksi tersebut sama seperti aksi-aksi sebelumnya yakni fokus pada sembilan poin inti permasalahan yang ada di dalam Perpu Cipta Kerja.

Kesembilan poin itu di antaranya terkait dengan pengaturan upah minimum, pengaturan outsourcing, pengaturan uang pesangon, pengaturan buruh kontrak, pengaturan pemutusan hubungan kerja atau PHK, pengaturan tenaga kerja asing atau TKA, pengaturan sanksi pidana, pengaturan waktu kerja, dan pengaturan cuti.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com